Puluhan Nelayan di Desa Kalibuntu Tak Melaut - Portal Probolinggo Kraksaan Puluhan Nelayan di Desa Kalibuntu Tak Melaut - Kraksaan Online Puluhan Nelayan di Desa Kalibuntu Tak Melaut - Kraksaan online
Headlines News :
Powered by Blogger.

Blog Archive

Home » » Puluhan Nelayan di Desa Kalibuntu Tak Melaut

Puluhan Nelayan di Desa Kalibuntu Tak Melaut

Written By Redaksi 1 on Tuesday 14 January 2014 | 12:00

Probolinggo , Selasa 14/01/14. 12:00 Wib
Reporter : Dicko


Puluhan nelayan di Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,
Istirahat melaut: Para nelayan saat berkumpul melihat kondisi kapal dan jaring
Kraksaan – Puluhan nelayan di Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, pada pertengahan Januari 2014 ini sudah enam hari hari pekerja nelayan tidak menjaring ikan dilaut, pasalnya, menurut perhitungan para nelayan dari bulan Januari angin mulai kencang  sehingga mengakibatkan tidak abanyak menghasilkan tangkapan ikan.

Pantauan Reporter Bromo fm di lapangan Selasa 14/01/14, puluhan nelayan hanya melakukan aktivitasnya di pangakalan kapalnya, tepatnya dipinggir laut sekitar 300 meter, mereka melakukan pembenahan  jaring, perbaikan kapal sleret, dan mengontrol kondisi mesin kapal serta lampu yang digunakan setiap melaut.

Nur Salam (40) pemilik kapal sleret asal Desa setempat mengatakan, hampir seluruh pekerja nelayan di Desa Kali buntu tidak menangkap ikan kelaut, “kami masih istirahat ti dak melaut selama satu minggu, karena menurut perhitungan kalender jawa dari tanggal 10 hingga tanggal 17 sudah biasa terangan dari cahaya bulan, jadi ikan di laut sulit untuk bermunculan,” ucapnya.

Selain itu, Nur Salam mengaku, disamping terang bulan, angin juga mulai mengancamdiseluruh pasisir di wilayah Kabupaten Probolin ggo,”kalau hanya terang bulan waktunya hanya sebentar, satu minggu sudah selesai, tapi kalau  angin yang mulai datang ini kami tidak bisa mengira-ngira kapan berhentinya,”paparnya.

Biasanya sebelum terangan alias bulan purnama, hasil tangkapan ikan sekali jalan mampu menghasilkan satu ton ikan. Sekarang hanya mampu menghasilkan paling banyak tiga kwintal ikan,”setelah dikalkulasi tidak sesuai dengan pengeluaran, satu kapal sleret, saya punya 15 orang pekerja nelayan, dari pada rugi lebih baik istirahat dulu beberapa hari,” ungkap Nur Salam.(Dc


Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Blogger Widgets

    • Disnakertrans Kabupaten Probolinggo akan melaksanakan Kegiatan Pelatihan Ketrampilan Service Sepeda Motor dan Teknik Las yang rencananya akan dilaksanakan pada tgl 21 April 2014. Silahkan mendaftar ke Kantor Disnakertrans atau ke BLK Kraksaan. Tempat terbatas untuk @20 orang per kelas.


    • Lomba Perpustakaan Sekolah dan Desa Terbaik, 7 s/d 14 Maret 2014.





Mau dapat info loker tiap hari sabtu via sms ???
kirim aja ke 085258785748
NB . tidak melayani konsultasi dan tanya jawab


Atau via

E-mail
BERLANGGANAN GRATIS Klik Disini Info Rumah Makan

Bila Anda ingin berlanggan berita dan info loker via email silakan masukkan email Anda pada kolom di bawah ini:

Delivered by FeedBurner




BB MESEGGER
256f8dc1







For Order and Information :
Juniadi
Phone : 08121711609 - 08983766399
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Portal Probolinggo Kraksaan - All Rights Reserved
Original Design by Maskolis.com Modified by aryo@kraksaan-online[dot]com | kraxan cyber