Terapkan Inpres Untuk Mengurangi Kejadian Laka - Portal Probolinggo Kraksaan Terapkan Inpres Untuk Mengurangi Kejadian Laka - Kraksaan Online Terapkan Inpres Untuk Mengurangi Kejadian Laka - Kraksaan online
Headlines News :
Powered by Blogger.

Blog Archive

Home » » Terapkan Inpres Untuk Mengurangi Kejadian Laka

Terapkan Inpres Untuk Mengurangi Kejadian Laka

Written By Redaksi 1 on Wednesday 26 February 2014 | 09:00

Rabu 26/02/14. 09:00 Wib
Reporter : Dicko


Kraksaan – Untuk menertibkan tata cara berlalulintas, sekaligus untuk mengurangi angka kejadian dijalan pantura bagi pengendara, pemerintah mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2013 Tentang Program Dekade Aksi Keselamatan Jalan yang memuat 5 (lima) pilar program dekade aksi keselamatan jalan meliputi manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan serta penanganan pra dan pasca kecelakaan. 
 
Rapat koordinasi tersebut digelar oleh forum Lalulintas dan Angkutan Umum Kabupaten Proboliggo membahas Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK) diwilayah hukum Kabupaten Probolinggo pada Rabu (26/2) diruang Argopuro Pemkab Kota Kraksaan. 
 
Rakor yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo selaku Ketua Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Probolinggo H. Moch. Nawi ini diikuti oleh beberapa instansi terkait dengan narasumber Sonya Sulisytono dari Universitas Jember.
 
Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo selaku Ketua Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Probolinggo H. Moch. Nawi mengungkapkan berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 2 Tahun 2010, ibukota Kabupaten Probolinggo resmi pindah ke Kota Kraksaan. Dengan adanya kepindahan ini, sebagian besar masyarakat banyak yang pindah ke Kota Kraksaan.
 
“Arus perpindahan penduduk ini menyebabkan banyak terjadi kemacetan di beberapa ruas jalan. Oleh karena itu, perlu dibangun JLS (Jalan Lingkar Selatan) dan JLU (Jalan Lingkar Utara) untuk mengurangi kemacetan serta menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Ini merupakan salah satu upaya untuk menekan jumlah kejadian lalu lintas,” ungkap Sekda Nawi.
 
Sementara Kasat Lantas Polres Probolinggo AKP Warih Hutomo menjelaskan jumlah kecelakaan lalu lintas yang terjadi di wilayah hukum Polres Probolinggo selama tahun 2013 sebanyak 457 kejadian. Jumlah ini menurun sekitar 34,71 % dibandingkan dengan tahun 2012 yang mencapai 700 kejadian.
 
“Dari kejadian tersebut, 53 korban kecelakaan meninggal dunia, 28 orang luka berat dan 621 luka ringan. Sementara rugi materiil sebesar Rp. 339.700.000,-. Kejadian tersebut paling banyak terjadi pada rentang waktu pukul 09.00 hingga 13.59 dengan 120 kejadian,” ungkap Warih.
 
Sedangkan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Probolinggo Agus Mukson mengungkapkan bahwa saat ini sudah banyak kendaraan besar yang melalui jalan-jalan kecil. Padahal kendaraan tersebut tidak sesuai dengan kelas jalan yang ada. Hal ini perlu untuk ditertibkan agar kendaraan yang lewat sesuai dengan kelas jalan yang terdapat di tiap-tiap daerah, ujar Agus Mukson.(Dc
 
 
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Blogger Widgets

    • Disnakertrans Kabupaten Probolinggo akan melaksanakan Kegiatan Pelatihan Ketrampilan Service Sepeda Motor dan Teknik Las yang rencananya akan dilaksanakan pada tgl 21 April 2014. Silahkan mendaftar ke Kantor Disnakertrans atau ke BLK Kraksaan. Tempat terbatas untuk @20 orang per kelas.


    • Lomba Perpustakaan Sekolah dan Desa Terbaik, 7 s/d 14 Maret 2014.





Mau dapat info loker tiap hari sabtu via sms ???
kirim aja ke 085258785748
NB . tidak melayani konsultasi dan tanya jawab


Atau via

E-mail
BERLANGGANAN GRATIS Klik Disini Info Rumah Makan

Bila Anda ingin berlanggan berita dan info loker via email silakan masukkan email Anda pada kolom di bawah ini:

Delivered by FeedBurner




BB MESEGGER
256f8dc1







For Order and Information :
Juniadi
Phone : 08121711609 - 08983766399
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Portal Probolinggo Kraksaan - All Rights Reserved
Original Design by Maskolis.com Modified by aryo@kraksaan-online[dot]com | kraxan cyber