Petani Kentang Kelimpungan, Akibat Keterbatasan Bibit - Portal Probolinggo Kraksaan Petani Kentang Kelimpungan, Akibat Keterbatasan Bibit - Kraksaan Online Petani Kentang Kelimpungan, Akibat Keterbatasan Bibit - Kraksaan online
Headlines News :
Powered by Blogger.

Blog Archive

Home » , » Petani Kentang Kelimpungan, Akibat Keterbatasan Bibit

Petani Kentang Kelimpungan, Akibat Keterbatasan Bibit

Written By Redaksi 1 on Friday 11 April 2014 | 08:00

Reporter : Dicko
Jum'at 11/04/14. 08:00 WIB



Sukapura - Dalam musim tanam kentang tahun ini, petani kentang di Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo sedikit mengeluh. Pasalnya mereka mengalami sedikit kendala  akibat sulitnya mendapatkan bibit kentang yang dinilainya berkualitas.

Menurut salah satu petani di daerah Sukapura, Hasan Mudakir (45) , petani kentang di daerahnya sedikit mengalami kendala dalam musim tanam kentang  tahun ini, dibandingkan tahun sebelumnyua. Sebab banyak petani  yang tidak mendapatkan pasokan bibit kentang seperti tahun kemarin, katanya saat ditemui media ini 
dipasar Semampir kota Kraksaan, Jum’at (11/4).
“Kendalanya adalah, sulitnya untuk mendapatkan bibit kentang  yang berkwalitas untuk kami tanam diladang,”tandasnya.
Sebab, menurutnya, pada bulan ini harusnya bibit kentang mulai ditanam diladang para petani di Daerah Sukapura. Terbukti, ladang petani masih banyak yang kosong, akibat kurangnya ketersediaan bibit kentang tersebut.
 Disisi lain Hasan juga mengaku, biaya tanam kentang dalam persetengah hektera lahan, membutuhkan  modal kurang lebih  sebesar Rp  20 juta rupiah. Jumlah modal tersebut sudah meliputi  biaya untuk  penglolahan lahan, biaya pembelian bibit dan biaya perawatan termasuk obat-obatan dan pupuknya.
“Dalam luasa tanam seperti itu, bisa menghasilkan produksi kentang  kira-kira 10 ton. Jika harga rata-rata  kentang dipasaran berharga 6 ribu perkilogramnya. Maka secara otomatis akan mendapatkan hasil sebesar 60 Juta,” ungkapnya.
Sementara itu, Kelapa Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo, Mabub Zunaedi, melalui Kabid  Teknik Produksi Handaka Murwanta, membenarkan adanya  keluhan petani terhadap minimnya bibit kentang yang diperolehnya untukmusim tanam saat ini.
“Memang Dinas sudah memiliki penangkaran bibit sendiri termasuk di daerah Kecamatan  Sumber dan Sukapura. Namun kapasitas benih yang dihasilkannya tidak mencukupi lahan tanam petani. Sebab lahan taman petani kentang memang tergolong luas,” ucapnya.(Dc)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Blogger Widgets

    • Disnakertrans Kabupaten Probolinggo akan melaksanakan Kegiatan Pelatihan Ketrampilan Service Sepeda Motor dan Teknik Las yang rencananya akan dilaksanakan pada tgl 21 April 2014. Silahkan mendaftar ke Kantor Disnakertrans atau ke BLK Kraksaan. Tempat terbatas untuk @20 orang per kelas.


    • Lomba Perpustakaan Sekolah dan Desa Terbaik, 7 s/d 14 Maret 2014.





Mau dapat info loker tiap hari sabtu via sms ???
kirim aja ke 085258785748
NB . tidak melayani konsultasi dan tanya jawab


Atau via

E-mail
BERLANGGANAN GRATIS Klik Disini Info Rumah Makan

Bila Anda ingin berlanggan berita dan info loker via email silakan masukkan email Anda pada kolom di bawah ini:

Delivered by FeedBurner




BB MESEGGER
256f8dc1







For Order and Information :
Juniadi
Phone : 08121711609 - 08983766399
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Portal Probolinggo Kraksaan - All Rights Reserved
Original Design by Maskolis.com Modified by aryo@kraksaan-online[dot]com | kraxan cyber