Berdayakan Pembuatan Garam Keramik - Portal Probolinggo Kraksaan Berdayakan Pembuatan Garam Keramik - Kraksaan Online Berdayakan Pembuatan Garam Keramik - Kraksaan online
Headlines News :
Powered by Blogger.

Blog Archive

Home » » Berdayakan Pembuatan Garam Keramik

Berdayakan Pembuatan Garam Keramik

Written By Redaksi 1 on Tuesday 15 April 2014 | 10:00

Reporter   : Dicko
Selasa 15/04/14. 10:00 WIB


Kraksaan – Di Provinsi Jawa Timur, garam diproduksi dengan cara menguapkan air laut pada sebidang tanah pantai dengan bantuan angin dan sinar matahari sebagai sumber energi penguapan. Produksi garam biasanya masih dilakukan secara tradisional oleh pembudidaya penghasil garam ditambak rakyat yang berada di beberapa daerah pantai  di Indonesia.

 
Namun bagi SDN II Desa Kebonagung, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo mempunyai inisiatif baru tentang pembuatan garam Keramik dengan system TUF (Technik Ulir Filter) yang di buat oleh siswa-siawi kelas IV V dan VI SDN II Kebonagung Kraksaan, yang dipimpin oleh Bambang Taufiq selaku ketua Sidoagung petani Garam Kecamatan Kraksaan,Kabupaten Setempat. Proses pembuatan itu dilakukan dihalaman sekolah dengan luas sekitar 10x5 meter persegi. Berjalan 1 tahun dari 2013 lalu, pembuatan garam Keramik tersebut mendapat perhatian penuh dari Dinas Perikanan  dan Kelautan Provinsi Jawa Timur.

 
Hari ini Selasa (15/4/14) Dinas Perikanan dan Kelautan Pemprov Jatim dan Kabupaten Probolinggo meninjau pembuatan garam tersebut kelokasi, meski prosesnya pembuatan garam tersebut hanya sebuah percobaan.”Saya  sangat kagum dengan penemuan unik ini, karena di Jawa Timur masih belum ada pembuatan garam Keramik seperti ini, apa lagi ini adalah murni karya dari siswa SDN, ini harus lebih dikembangkan” tutur  Wahyu W.N bagian Komisi Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kelautan (KP3K) Provinsi Jatim Selasa (15/4) dilokasi.

 
Wahyu menambahkan, karya garam Keramik yang dilakukan siswa tersebut harus benar-benar diimplementasikan untuk lebih menggali potensi peningkatan garam tradisional yang hanya menggunakan bahan alami seperti air laut, batu apung, arang dan busa.”Ini kali pertama yang kami temukan di Jatim, semoga saja ini terus berjalan. Kami selalu mendukung dan membantu apa yang menjadi kekurangannya,” sebutnya.

 
Sementara Wahid Noor Azis Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Kelautan Kabupaten Probolinggo mengatakan, pembuatan garam tersebut dinilainya begitu sangat menjanjikan untuk perkembangan Kabupaten Probolinggo kedepan, dari itu pihaknya terus memantau dan berperan serta dalam potensi yang dimilki siswa-siswi SDN II Kebonagung Kraksaan ini.

 
Selain itu lanjut Wahid, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan untuk menerapkan keilmuan dibidang perikanan, kelautan dan pemanfaatan ekosistem diwilayah pesisir menjadi muatan lokal/pelajaran di SDN. Tak lain yaitu pembuatan garam Keramik ini yang harus menjadi cerminan dan diterapkan pula oleh seluruh siswa SDN di Kabupaten Probolinggo.

 
“Kami sangat berterimakasih, terutama kepada pengelola yakni Bambang Taufiq selaku guru kelas disekolah ini, yang sekaligus ketua petani garam Sidoagung di Kecamatan Kraksaan, ini harus benar-benar diterapkan secara intensif, kami akan untuk memperluas budidaya ini,”papar Wahid.(Dc


Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Blogger Widgets

    • Disnakertrans Kabupaten Probolinggo akan melaksanakan Kegiatan Pelatihan Ketrampilan Service Sepeda Motor dan Teknik Las yang rencananya akan dilaksanakan pada tgl 21 April 2014. Silahkan mendaftar ke Kantor Disnakertrans atau ke BLK Kraksaan. Tempat terbatas untuk @20 orang per kelas.


    • Lomba Perpustakaan Sekolah dan Desa Terbaik, 7 s/d 14 Maret 2014.





Mau dapat info loker tiap hari sabtu via sms ???
kirim aja ke 085258785748
NB . tidak melayani konsultasi dan tanya jawab


Atau via

E-mail
BERLANGGANAN GRATIS Klik Disini Info Rumah Makan

Bila Anda ingin berlanggan berita dan info loker via email silakan masukkan email Anda pada kolom di bawah ini:

Delivered by FeedBurner




BB MESEGGER
256f8dc1







For Order and Information :
Juniadi
Phone : 08121711609 - 08983766399
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Portal Probolinggo Kraksaan - All Rights Reserved
Original Design by Maskolis.com Modified by aryo@kraksaan-online[dot]com | kraxan cyber