Langkanya Bibit Lele Membuat Pembudidaya Kelimpungan - Portal Probolinggo Kraksaan Langkanya Bibit Lele Membuat Pembudidaya Kelimpungan - Kraksaan Online Langkanya Bibit Lele Membuat Pembudidaya Kelimpungan - Kraksaan online
Headlines News :
Powered by Blogger.

Blog Archive

Home » » Langkanya Bibit Lele Membuat Pembudidaya Kelimpungan

Langkanya Bibit Lele Membuat Pembudidaya Kelimpungan

Written By Redaksi 1 on Friday 4 October 2013 | 10:00

BROMO FM : Jum'at 04/10/13 Pukul 10.00 Wib
Reporter : Dicko

Kraksaan - Pembudidaya ikan lele di Kabupaten Probolinggo, sedikit mengali keresahaan dalam bisnis yang dijalankannya. Hal yang menjadi persolan bagi pembudidaya yakni masalah sulitnya mendapatkan benih ikan lele. Dengan kondisi tersebut para peternak lele pembesaran tidak maksimal dalam pemeliharaanya.

Menurut, salah satu pembudidaya ikan lele asal Desa Brumbungan , Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo, Hadi peternak ikan lele.Sulitnya mendapatkan bibit lele selama ini, dirinya mengaku untuk pemeliharaan ikan lele saat ini tidak begitu maksimal.”Bibitnya sulit didapatkan, jadi kapasitas pemeliharaan saya tidak begitu banyak mas,”ujarnya saat ditemui Reporter Bromo fm .

Hadi juga mengaku, dengan jarangnya bibit lele dari para pembudidaya benih lele, harga benih dipasaran sedikit mengalami kenaikan harga. Kalau bibit lele ramai dipasaran, harga bibit lele berkisar Rp 100 rupiah per ekor ikan lele. Tetapi dalam kondisi bibit lele langka membuat harga jualnya sedikit mengalami kenaikan harga menjadi Rp 130-150 ekor perbibit. “Tergantung ukaran bibitnya, karena bibit lele sekarang banyak diburu oleh para pembudidaya pembesaran,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan kondisi tersebut omset penghasilannya juga mengalami penurunan. Sebab peliharaan ikan lelenya untuk dijadikan konsumsi tidak begitu banyak. Kalau masih bibit mudah didapat menurut Hadi, dia bisa menebar bibit sebanyak 15 ribu ekor. Tetapi saat ini dia hanya bisa menebar bibit 5 ribu ekor saja.

“saya sudah mencari kemana-mana termasuk kepenyedia bibit, jawabannya sama yakni bibit lele memang jarang. Sehingga saya harus memesan dengan waktu yang relatif lama,” terangnya.

Sementara itu salah satu pembudidaya benih lele asal Desa Randumerak , Kecamatan Paiton Deny (32), menjelaskan langkanya bibit lele disebabkan karena pengaruh angin kencang sejak beberapa minggu lalu.Karena pembenihan bibit sangat tergantung kepada cuaca apalagi kalau sudah angin kencang, maka indukan sulit untuk bertelur. “Karena  indukan sangat sensitive terhadap kondisi angin. Kalau anginnya besar maka indukan lele tidak sulit untuk bertelur pada kolam pembenihan,” katanya.

Dia juga mengatakan, meski indukan dapat bertelur, maka resiko yang dihadapinya yakni benih yang menetas tidak begitu maksimal. Sebab suhu udara panas dan kondisi angin sangat kencang. Sehingga membuat bibit yang menetas terancam akan kematian, jelas Deny.

“Jadi untuk menyiasati kondisi ini, saya harus menaruh jaring diatas kolam pembenihan. Karena dengan jalan itu, benih yang telah menetas sedikit dapat teratasi akan ancaman kematian. Selain itu saya terus menambah pakan cacing yang lebih banyak,”pungkasnya. (Dc)
Share this article :

1 comment:

Blogger Widgets

    • Disnakertrans Kabupaten Probolinggo akan melaksanakan Kegiatan Pelatihan Ketrampilan Service Sepeda Motor dan Teknik Las yang rencananya akan dilaksanakan pada tgl 21 April 2014. Silahkan mendaftar ke Kantor Disnakertrans atau ke BLK Kraksaan. Tempat terbatas untuk @20 orang per kelas.


    • Lomba Perpustakaan Sekolah dan Desa Terbaik, 7 s/d 14 Maret 2014.





Mau dapat info loker tiap hari sabtu via sms ???
kirim aja ke 085258785748
NB . tidak melayani konsultasi dan tanya jawab


Atau via

E-mail
BERLANGGANAN GRATIS Klik Disini Info Rumah Makan

Bila Anda ingin berlanggan berita dan info loker via email silakan masukkan email Anda pada kolom di bawah ini:

Delivered by FeedBurner




BB MESEGGER
256f8dc1







For Order and Information :
Juniadi
Phone : 08121711609 - 08983766399
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Portal Probolinggo Kraksaan - All Rights Reserved
Original Design by Maskolis.com Modified by aryo@kraksaan-online[dot]com | kraxan cyber