Ciptakan Siswa Berpotensi di Bidang Wira Usaha - Portal Probolinggo Kraksaan Ciptakan Siswa Berpotensi di Bidang Wira Usaha - Kraksaan Online Ciptakan Siswa Berpotensi di Bidang Wira Usaha - Kraksaan online
Headlines News :
Powered by Blogger.

Blog Archive

Home » » Ciptakan Siswa Berpotensi di Bidang Wira Usaha

Ciptakan Siswa Berpotensi di Bidang Wira Usaha

Written By Redaksi 1 on Friday 4 October 2013 | 09:00

BROMO FM : Jum'at 04/10/13 Pukul 09.00 Wib
Reporter : Dicko

Kraksaan -  Banyak sudah yang namanya keterampilan dan usaha yang berbentuk pembelajaran yang telah diterapkan oleh tenaga pengajar, khususnya disekolah-sekolah, baik ditingkat MI ,SD , SMP dan seterusnya. Dikota Kraksaan Kabupaten Probolinggo,bida usaha sudah sudah dikembangkan sejak dulu oleh anak pelajar. Salah satunya Sekolah  Dasar Islam (SDI) M. Ishak bin M. Ramzan diKelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan ini memuali dengan pembelajaran yang jarang dimilki sekolah-sekolah lainnya di tingkat SDI.

Selain pelajaran pendidikan formal, menurut Suliman selaku Kepala Sekolah menuturkan, bahwa anak didiknya yang berjumlah 90 siswa dari kelas satu hingga kelas enam itu di istiqomahkan pelajaran Agama Islam, namun selain itu juga ditambah dengan sebuah pengetahuan baru yang juga harus benar-benar lebih digali dan dikembangkan, yaitu sebuah pelajaran dibidang kewira usahaan. Wira usaha tersebut adalah pembuatan telur asin.

“Kami sengaja memberi kegiatan diluar jam sekolah untuk anak didik kami, dengan proses pembuatan telur asin. Saya hanya melibatkan kelas IV – V dan VI, karena menurut kami hal seperti ini juga bisa menunjang masa depan anak-anak yang mempunyai kemauan, dan ini baru kami memulai pembuatan telur asin dari bulan September 2013 ,” ungkap Suliman.

Suliman menegaskan, selain pelajaran formal, pihaknya mempunyai inisiatif baru agar siswanya lebih berpotensi dibidang kewira usahaan. Menurutnya, telur biasa yang dikelolanya itu membutuhkan waktu 3 sampai 6 hari untuk dijadikan telur asin, dan itupun yang melakukan pemerosesan anak didiknya sendiri.

Ditanya seberapa lama ia mengajari anak didiknya tentang pembuatan telur asin. Suliman mengku, praktek yang diterapkan langsung terhadap siswanya hanya memerlukan waktu tujuh hari siswanya sudah banyak yang faham cara proses pembuatan telu asin,” sekarang siswa kami dalam jangka 2 hingga 3 jam sudah bisa menghasilkan minimal 100 butir telur yang sudah siap dibiarkan selam 6 hari. Dan Alhamdulillah hasil telur asin buatan siswa kami mulai laris terjual dipasaran dan sebagian pembeli datang sendiri kesekolah ini dengan tujuan membeli telur. Ini juga berkat dukungan dari wali murid,” tandas Suliman.

Ia juga mengaku, sehari penjualan telurnya bisa menghabiskan  250 butir telur, perbutirnya dijual denagn harga Rp 2.500, dan hasilnya ndibuat kebuthan sekolahnya, tuturnya. (Dc)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Blogger Widgets

    • Disnakertrans Kabupaten Probolinggo akan melaksanakan Kegiatan Pelatihan Ketrampilan Service Sepeda Motor dan Teknik Las yang rencananya akan dilaksanakan pada tgl 21 April 2014. Silahkan mendaftar ke Kantor Disnakertrans atau ke BLK Kraksaan. Tempat terbatas untuk @20 orang per kelas.


    • Lomba Perpustakaan Sekolah dan Desa Terbaik, 7 s/d 14 Maret 2014.





Mau dapat info loker tiap hari sabtu via sms ???
kirim aja ke 085258785748
NB . tidak melayani konsultasi dan tanya jawab


Atau via

E-mail
BERLANGGANAN GRATIS Klik Disini Info Rumah Makan

Bila Anda ingin berlanggan berita dan info loker via email silakan masukkan email Anda pada kolom di bawah ini:

Delivered by FeedBurner




BB MESEGGER
256f8dc1







For Order and Information :
Juniadi
Phone : 08121711609 - 08983766399
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Portal Probolinggo Kraksaan - All Rights Reserved
Original Design by Maskolis.com Modified by aryo@kraksaan-online[dot]com | kraxan cyber