Angin Gending di Khawatirkan Ancam Keselamatan Nelayan - Portal Probolinggo Kraksaan Angin Gending di Khawatirkan Ancam Keselamatan Nelayan - Kraksaan Online Angin Gending di Khawatirkan Ancam Keselamatan Nelayan - Kraksaan online
Headlines News :
Powered by Blogger.

Blog Archive

Home » » Angin Gending di Khawatirkan Ancam Keselamatan Nelayan

Angin Gending di Khawatirkan Ancam Keselamatan Nelayan

Written By Redaksi 1 on Thursday 17 October 2013 | 09:00

BROMO FM : Kamis 17/10/13 Pukul 09.00 Wib
Reporter : Dicko

Kraksaan – Belakangan ini cuaca semakin tidak menentu, pasalnya, diKabupaten Probolinggo terjadi peralihan angin. Masa angin gending akan segera berlalu dan akan datang sebagai penggantinya yaitu angin barat. Dan yang paling beresiko adalah angin yang berembus dilautan. Pasalnya kecepatannya cukup tinggi dan beresiko mengancam keselamatan nelayan yang melaut.

Kasi Penangkapan Ikan dan Pengawasana Sumber Daya Kelautan pada Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK) Kabupaten Probolinggo, Setiyono , menyebutkan bahwa kecepatan angin dilaut saat ini mencapai 32 km per jam. Angin gending ini bertiup dari arah timur tenggara.

Dalam kondisi tersebut, ketinggian ombak juga kurang menguntungkan pelaut. Sebab tingginya bisa mencapai 1,3 hinga 1,5 meter. “Cukup berbahaya bagi kapal purse sein dan perahu kecil untuk melaut,m” ungkapnya kepada Reporter Bromo fm Kamis (17/10).

Angin gending bertiup sejak bulan Juli, akan segera berhenti dalam waktu dekat. DPK memperkirakan terjadi dalam seminggu mendatang. Sementara angin barat akan bertiup setelah angin gending berakhir setelah bulan Maret nanti. “ Karenanya dalam beberapa hari angin gending bertiup cukup kencang,” tuturnya.

DPK sendiri sudah mengeluarkan himbauan kepada nelayan lokal untuk tidak melaut sementara waktu. Yakni untuk mencegah timbulnya korban keganasan gelombang laut yang diakibatkan oleh angin kencang.”Sulit mencegah nelayan untuk melaut . “Kami berharap mereka sudah memperhitungkan segala resikonya,” tandasnya

Kondisi tersebut sebenarnya sudah membuat para nelayan tidak melaut. Dalam dua hari terakhir, mereka memilih untuk timggal dirumah, sebagian diantaranya memperbaiki jarring serta alat tangkap ikan lainnya, jelas Setiyono.

“ Hasil tangkapan ikan sekarang kurang bagus, mas. Selain itu kami khawatir apes ditengah laut,” ungkap Marsa’i (50) warga Desa Kalibuntu Kecamatan Kraksaan. (Dc)

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Blogger Widgets

    • Disnakertrans Kabupaten Probolinggo akan melaksanakan Kegiatan Pelatihan Ketrampilan Service Sepeda Motor dan Teknik Las yang rencananya akan dilaksanakan pada tgl 21 April 2014. Silahkan mendaftar ke Kantor Disnakertrans atau ke BLK Kraksaan. Tempat terbatas untuk @20 orang per kelas.


    • Lomba Perpustakaan Sekolah dan Desa Terbaik, 7 s/d 14 Maret 2014.





Mau dapat info loker tiap hari sabtu via sms ???
kirim aja ke 085258785748
NB . tidak melayani konsultasi dan tanya jawab


Atau via

E-mail
BERLANGGANAN GRATIS Klik Disini Info Rumah Makan

Bila Anda ingin berlanggan berita dan info loker via email silakan masukkan email Anda pada kolom di bawah ini:

Delivered by FeedBurner




BB MESEGGER
256f8dc1







For Order and Information :
Juniadi
Phone : 08121711609 - 08983766399
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Portal Probolinggo Kraksaan - All Rights Reserved
Original Design by Maskolis.com Modified by aryo@kraksaan-online[dot]com | kraxan cyber