Lebih Memilih Bertanam Jagung Dari Pada Tembakau - Portal Probolinggo Kraksaan Lebih Memilih Bertanam Jagung Dari Pada Tembakau - Kraksaan Online Lebih Memilih Bertanam Jagung Dari Pada Tembakau - Kraksaan online
Headlines News :
Powered by Blogger.

Blog Archive

Home » » Lebih Memilih Bertanam Jagung Dari Pada Tembakau

Lebih Memilih Bertanam Jagung Dari Pada Tembakau

Written By Redaksi 1 on Monday 23 September 2013 | 11:00

BROMO FM : Senin 23/09/13 Pukul 11.00 Wib
Reporter : Dicko


Kraksaan - Pada umumnya dibulan Juni hingga September 2013 ini diwilayah Kabupaten Probolinggo khalayak petani yang lumrahnya bertanam tembakau, khususnya ditujuh Kecamatan Kabupaten Probolinggo yang dinilai Produktif bertanam tembakau. Salah satunya diKecamatan Besuk.

Tapi hal tersebut dibantah oleh salah satu petani yang punya nama Sakoni  (45), asal Desa Jambangan Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo, ia lebih cenderung bertanam jagung di musim tembakau tahun ini, dengan alasan yang bahwa dirinya lebih memilih tanam jagung karena dengan adanya anomali cuaca yang buruk membuatnya pesimis bertanam tembakau. Ia mengevaluasi dengan adanya cuaca buruk dari bulan Juni Hingga Agustus 2013 ini, ia lebih optimis untuk menanam jagung.

“ Mekipun harganya jagung jauh lebih rendah dari tembakau, tapi saya tetap berharap jagung yang saya tanam ini membuahkan hasil yang sempurna, ketimbang saya harus memikirkan tanaman yang rusak gara-gara cuaca,” jelas Sakoni.

Sakoni mengaku, lahan yang dimilkinya seluas 1 hektare itu memang  sengaja ditanami jagung, karena menurutnya pada tahun ini hasil panen jagung lebih memuaskan dari pada tanaman lainnya, dan 15 hari lagi jagungnya akan dipanen.”Saya mengikuti arus cuaca, akalau cuaca seperti sekarang ini menurut saya lebih cocok tanam jagung. Kalau saya tanam tembakau, yang jelas saya sudah merasakan kerugian yang banyak,” ungkapnya.

Terbukti, meskipun Sakoni belum panen jagungnya, ia mengaku, jagung yang ditanamnya sudah terlihat bagus dan tidak perlu dikhawatirkan. Disinggung tentang harga jagung sekarang, ia menyebutkan,” untuk harganya jagung sekarang tidak terlalu tinggi, tapi bagi saya itu sudah harga yang bagus. Haraganya berkisar  Rp 2.700 sampai Rp 2.900 untuk jagung pipil kering dengan KA 17%, dan kalau dibandingkan dengan hasil tanam tembakau seperti cuaca yang  sekarang ini, saya yakin lebih bessar hasil penjualan jagung. Tapi harapan saya mudah-mudahan harga jagung sekarang bisa naik lagi,” tuturnya. (Dc)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Blogger Widgets

    • Disnakertrans Kabupaten Probolinggo akan melaksanakan Kegiatan Pelatihan Ketrampilan Service Sepeda Motor dan Teknik Las yang rencananya akan dilaksanakan pada tgl 21 April 2014. Silahkan mendaftar ke Kantor Disnakertrans atau ke BLK Kraksaan. Tempat terbatas untuk @20 orang per kelas.


    • Lomba Perpustakaan Sekolah dan Desa Terbaik, 7 s/d 14 Maret 2014.





Mau dapat info loker tiap hari sabtu via sms ???
kirim aja ke 085258785748
NB . tidak melayani konsultasi dan tanya jawab


Atau via

E-mail
BERLANGGANAN GRATIS Klik Disini Info Rumah Makan

Bila Anda ingin berlanggan berita dan info loker via email silakan masukkan email Anda pada kolom di bawah ini:

Delivered by FeedBurner




BB MESEGGER
256f8dc1







For Order and Information :
Juniadi
Phone : 08121711609 - 08983766399
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Portal Probolinggo Kraksaan - All Rights Reserved
Original Design by Maskolis.com Modified by aryo@kraksaan-online[dot]com | kraxan cyber