Kurikulum 2013 Bakal di Terapkan - Portal Probolinggo Kraksaan Kurikulum 2013 Bakal di Terapkan - Kraksaan Online Kurikulum 2013 Bakal di Terapkan - Kraksaan online
Headlines News :
Powered by Blogger.

Blog Archive

Home » » Kurikulum 2013 Bakal di Terapkan

Kurikulum 2013 Bakal di Terapkan

Written By Redaksi 1 on Thursday 26 September 2013 | 11:00

BROMO FM : Kamis 26/09/13 Pukul 11.00 Wib
Reporter : Dicko


Kraksaan - Perubahan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi Kurikulum 2013 yang dilakukan Kementrian Pendidikan bakal memberikan perubahan positif bagi siswa-siswi di seluruh tingkat pendidikan. Sebab pada kurikulum 2013, para siswa diajak lebih meningkatkan penalaran dalam berfikir. Sedangkan pada KTSP, para siswa di tekan dalam menghafal dan mengingat pelajaran. Ini dijelaskan Kepala Bidang Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar, Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo, Hasin saat ditemui Reporter Bromo fm Kamis (26/09).

Menurutnya, untuk pemberlakuan kurikulum di tingkat Sekolah Dasar (SD), pihaknya masih memberlakukan pada kelas satu dan empat. Sedangkan untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), kurikulum 2013 diberlakukan pada kelas Tujuh. Sedangkan untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat, kurikulum 2013 diberlakukan bagi kelas Sepuluh. Selain perbedaan KTSP dan kurikulum 2013 dalam segi penalaran bagi siswa,ia mengaku peniadaan tambahan materi menjadi poin penting. Sebab selama ini, penitipan materi dalam KTSP cukup banyak.

“Jika terjadi sebuah bencana seperti Tsunami dan Gunung meletus, secara otomatis penitipan materi dalam  KTSP diberlakukan. Sehingga materi dalam setiap pembelajaran  cukup banyak,”ungkapnya.
Dalam kurikulum 2013, materi yang ada banyak dikosongkan. Sebab dalam prakteknya, siswa dan para guru diharapkan berkreasi dengan memanfaatkan keadaan disekitarnya sebagai sarana pembelajaran. Artinya siswa, tempat sekolah bisa menjadi objek  dalam sebuah pembelajaran. Tentunya tetap mengedepankan penalaran berfikir siswa.

Sementara dosen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Universitas Zainul Hasan, M. Qomar mengaku perubahan kurikulum dalam dunia pendidikan adalah sesuatu yang niscaya. Sebab dalam UU No.20 tahun 2003 (UU Sisdiknas), kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran, serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran demi mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Untuk mencapai tujuan tersebut, kurikulum di Indonesia selalu mengalami perubahan seiring dengan perkembangan zaman. Termasuk perubahan KTSP ke kurikulum 2013. “Perubahan kurikulum itu suatu yang wajar,” ungkapnya. (Dc)


sumber gambar : kraksaan update
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Blogger Widgets

    • Disnakertrans Kabupaten Probolinggo akan melaksanakan Kegiatan Pelatihan Ketrampilan Service Sepeda Motor dan Teknik Las yang rencananya akan dilaksanakan pada tgl 21 April 2014. Silahkan mendaftar ke Kantor Disnakertrans atau ke BLK Kraksaan. Tempat terbatas untuk @20 orang per kelas.


    • Lomba Perpustakaan Sekolah dan Desa Terbaik, 7 s/d 14 Maret 2014.





Mau dapat info loker tiap hari sabtu via sms ???
kirim aja ke 085258785748
NB . tidak melayani konsultasi dan tanya jawab


Atau via

E-mail
BERLANGGANAN GRATIS Klik Disini Info Rumah Makan

Bila Anda ingin berlanggan berita dan info loker via email silakan masukkan email Anda pada kolom di bawah ini:

Delivered by FeedBurner




BB MESEGGER
256f8dc1







For Order and Information :
Juniadi
Phone : 08121711609 - 08983766399
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Portal Probolinggo Kraksaan - All Rights Reserved
Original Design by Maskolis.com Modified by aryo@kraksaan-online[dot]com | kraxan cyber