Harga Kedelai Meroket,Ukuran Tahu Tempe Mengecil - Portal Probolinggo Kraksaan Harga Kedelai Meroket,Ukuran Tahu Tempe Mengecil - Kraksaan Online Harga Kedelai Meroket,Ukuran Tahu Tempe Mengecil - Kraksaan online
Headlines News :
Powered by Blogger.

Blog Archive

Home » » Harga Kedelai Meroket,Ukuran Tahu Tempe Mengecil

Harga Kedelai Meroket,Ukuran Tahu Tempe Mengecil

Written By Unknown on Tuesday 10 September 2013 | 11:00


BROMO FM : Selasa 10/09/13 Pukul 11.00 Wib
Reporter : Dicko


Kraksaan - Melambungnya harga kedelai dipasaran membuat pengusaha tahu-tempe mengeluh. Agar usaha yang dijalankan tetap berjalan, pengusaha menyiasatinya dengan mengurangi ukuran 1-2 cm per buah. Sebab jika menaikkan harga, konsumen cenderung enggan membeli. Ini diungkap Jayadi Gunawan pemilik Produksi Tahu terbesar dikota Kraksaan, Selasa (10/09) kepada Reporter Bromo fm.

“Sekarang ini istilahnya harga kedelai bukan naik lagi, tapi ganti harga. Akibatnya kami kelimpungan,”ungkap Jayadi.

Ia mengaku, dalam kurun waktu 2 Minggu dinaikkan 20 wajan permasak, karena dari awal September 2013 harga kedelai impor sudah mulai naik menjadi Rp 9250/kg yang biasanya hanya Rp 7000/kg, dan kedelai lokal berkisar Rp 8500/kg. ”Saya selalu menggunakan kedelai impor yang saya ambil dari Surabaya untuk pembuatan tahu, karena hasilnya lebih bagus dan aromanya lebih harum,” ungkapnya.

 Jayadi mengatakan, melonjaknya harga kedelai saat ini mengakibatkan banyak pengusaha tahu lokal tutup.” Sebetulnya saya juga merasa klabakan dengan kondisi yang sekarang ini, akan tetapi saya masih diperkuat oleh konsumen yang membuat bisnis dagang dengan menggunakan bahan dasar tahu yang saya kelola ini,”jelasnya. 

Jayadi mengaku, dari sekian banyak konsumen yang dimilikinya, membuat Produksi tahu yang dikelolanya tetap bertahan. “Kondisi penjualan tahu , 65 persen diperkuat oleh konsumen yang mendirikan usaha dagang seperti gorengan tahu,pentol tahu dan yang lainnya. Sementara yang 35 persennya untuk konsumen rumahan, akan tetapi pembelian dari konsumen saat ini juga menurun alasannya ukuranya lebih kecil,” terangnya.
“Keberadaan tahu sekarang bersaing dengan ikan laut dipasaran, karena konsumen membandingkan harga dengan ikan laut yang bisa dikatakan identik harganya,” jelas Jayadi.

Meski harga kedelai terus naik, Jayadi mengaku akan tetap memproduksi tahu. Sebab usaha yang ia jalani sudah kadung terkenal dimata masyarakat dan sudah mempunyai banyak konsumen.

Berkaitan dengan keluhan harga kedelai yang dialami pedagang tahu-tempe, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Probolinggo, Erlin Setiawati mengatakan saat dikonfirmasi via telp, bahwa kenaikan kedelai adalah imbas dari meroketnya nilai tukar dolar ke rupiah. Sebab kedelai yang beredar termasuk bahan impor. Sehingga harga kurs dollar terhadap rupiah sangat berpengaruh.

Agar pengusaha tidak terlalu panik menghadapi masa sulit seperti ini, Erlin Setiawati mengaku telah mengumpulkan sejumlah pedagang tahu-tempe untuk diberikan pengarahan. Termasuk isi pengarahan adalah dengan mengurangi ukuran tempe selama ini. Sebab dengan begitu, konsumen dan pedagang masih tetap diuntungkan dengan kondisi yang terjadi saat ini.

“Konsumen pasti akan tetap membeli tahu-tempe pedagang. Sebab tahu tempe itu sudah menjadi menu pokok kaum menengah kebawah,” terangnya (Dc)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Blogger Widgets

    • Disnakertrans Kabupaten Probolinggo akan melaksanakan Kegiatan Pelatihan Ketrampilan Service Sepeda Motor dan Teknik Las yang rencananya akan dilaksanakan pada tgl 21 April 2014. Silahkan mendaftar ke Kantor Disnakertrans atau ke BLK Kraksaan. Tempat terbatas untuk @20 orang per kelas.


    • Lomba Perpustakaan Sekolah dan Desa Terbaik, 7 s/d 14 Maret 2014.





Mau dapat info loker tiap hari sabtu via sms ???
kirim aja ke 085258785748
NB . tidak melayani konsultasi dan tanya jawab


Atau via

E-mail
BERLANGGANAN GRATIS Klik Disini Info Rumah Makan

Bila Anda ingin berlanggan berita dan info loker via email silakan masukkan email Anda pada kolom di bawah ini:

Delivered by FeedBurner




BB MESEGGER
256f8dc1







For Order and Information :
Juniadi
Phone : 08121711609 - 08983766399
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Portal Probolinggo Kraksaan - All Rights Reserved
Original Design by Maskolis.com Modified by aryo@kraksaan-online[dot]com | kraxan cyber