Harapkan Santri Berkiprah Di Dunia Pendidikan - Portal Probolinggo Kraksaan Harapkan Santri Berkiprah Di Dunia Pendidikan - Kraksaan Online Harapkan Santri Berkiprah Di Dunia Pendidikan - Kraksaan online
Headlines News :
Powered by Blogger.

Blog Archive

Home » » Harapkan Santri Berkiprah Di Dunia Pendidikan

Harapkan Santri Berkiprah Di Dunia Pendidikan

Written By Redaksi 1 on Friday 20 September 2013 | 13:00

BROMO FM : Jum'at 20/09/13 Pukul 13.00 Wib
Reporter : Dicko


Kraksaan  - Berawal keinginan memberikan pencerahan keagamaan pada mayarakat di Dusun karang Juwet, Kelurahan Kraksaan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo.  Pendiri Pesantren Badridduja, Alm. KH. Badri Mashduqi,  asal  Desa Perenduan, Kecamatan Pragean, Kabupaten Sumenep berhasil mendirikan pesantren Badridduja pada 28 Januari 1967 M.
Berkat dukungan warga sekitar, pesantren yang awalnya berdiri  di atas alas Karang Juwet, terus mengalami perkembangan jumlah santri, serta sarana dan prasarana.

Menurut kepala pesantren Badridduja, Ahmad Hilmi Imamah (32), pendirian pesantren dilakukan secara gotong royong dengan masyarakat sekitar. Bahkan tanah yang ditempati pesantren adalah pemberian salah seorang dermawan di Desa tersebut.
“Dukungan warga sekitar sangat besar bagi berdirinya pesantren Badridduja. Warga ikut membantu memindahkan menebangi pohon yang ada di atas lahan ,” ungkapnya, Minggu, (8/9).

Pesantren yang memiliki 350 santri ini, awalnya  hanya terdiri dari bangunan masjid, serta rumah sederhana milik KH. Badri yang terbuat dari olahan kayu. Namun lamat-lamat sejumlah bangunan santri mulai didirkan.
Awalnya, pelajaran yang diberikan pendiri pesantren ini berkutat seputar masalah hukum Islam, Tasawuf  dan penanaman ilmu Tauhid. Santri yang belajar di pesantren tersebut banyak berasal dari anak-anak warga sekitar. Meskipun ada juga dari luar Desa.

Selama setahun, jumlah santri yang menetap sebanyak 30 orang. Dan bangunan kamar santri didirikan dengan sangat sederhana. Yakni terbuat dari bahan gedek dan bambu. Meski demikian, hal tersebut tidak mengurangi minat santri menimba ilmu di Pesantren Badridduja. Terbukti tahun kedua berdirinya pesantren jumlah santri semakin bertambah hingga mencapai 50 persen.

Perlu diketahui, KH. Badri merupakan keturunan dari tokoh ulama Madura bernama KH. Masdhuqi. Meski tidak memilki pesantren, kemasyhuran namanya terkenal di penjuru Madura.
KH. Badri sejak usia 14 Tahun sudah nyantri disejumlah pesantren terkenal di Jawa seperti Pesantren Zainul Hasan di Probolinggo, Pesantren Sidogiri, Pasuruan dan Pesantren Nurul Jadid Probolinggo.
Selama nyantri disejumlah pesantren ini, KH. Badri kemudian masyhur dengan sosok yang ahli dibidang ilmu fiqh dan Tasawuf. Sehingga tidak heran jika awal berdirinya pesantren, pelajaran fiqh dan tasawuf mendapat porsi terbesar dalam pengajaran pada santri-santrinya. 
 
Menurut kepala pesantren Badridduja, Ahmad Hilmi Imamah (32), KH. Badri selalu menekankan santrinya untuk mendorong kemajuan pendidikan dan membesarkan ormas NU. Sebab tanpa memajukan dunia pendidikan, kerusakan moral ditengah masyarakat akan sulit teratasi.
“Santri harus bisa menjadi garda terdepan bagi kemajuan pendidikan. Dan juga Ormas NU  ,” ungkap Hilmi menirukan pesan gurunya. KH. Badri Masdhuqi meninggalkan orang yang dicintainya pada 2002. (Dc)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Blogger Widgets

    • Disnakertrans Kabupaten Probolinggo akan melaksanakan Kegiatan Pelatihan Ketrampilan Service Sepeda Motor dan Teknik Las yang rencananya akan dilaksanakan pada tgl 21 April 2014. Silahkan mendaftar ke Kantor Disnakertrans atau ke BLK Kraksaan. Tempat terbatas untuk @20 orang per kelas.


    • Lomba Perpustakaan Sekolah dan Desa Terbaik, 7 s/d 14 Maret 2014.





Mau dapat info loker tiap hari sabtu via sms ???
kirim aja ke 085258785748
NB . tidak melayani konsultasi dan tanya jawab


Atau via

E-mail
BERLANGGANAN GRATIS Klik Disini Info Rumah Makan

Bila Anda ingin berlanggan berita dan info loker via email silakan masukkan email Anda pada kolom di bawah ini:

Delivered by FeedBurner




BB MESEGGER
256f8dc1







For Order and Information :
Juniadi
Phone : 08121711609 - 08983766399
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Portal Probolinggo Kraksaan - All Rights Reserved
Original Design by Maskolis.com Modified by aryo@kraksaan-online[dot]com | kraxan cyber