Gelar Bersih Makam Menjelang Ramadhan - Portal Probolinggo Kraksaan Gelar Bersih Makam Menjelang Ramadhan - Kraksaan Online Gelar Bersih Makam Menjelang Ramadhan - Kraksaan online
Headlines News :
Powered by Blogger.

Blog Archive

Home » » Gelar Bersih Makam Menjelang Ramadhan

Gelar Bersih Makam Menjelang Ramadhan

Written By Unknown on Tuesday 9 July 2013 | 08:00



  BROMO  FM : Rabu 10/07/13  Pukul 08.00  Wib
Reporter : Dicko

 Kraaksaan : Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1434 H, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo melakukan bakti sosial berupa bersih-bersih makam secara masal, Jum’at (5/7). Kegiatan yang merupakan tradisi turun temurun ini juga diikuti oleh warga NU di masing-masing ranting GP Ansor se Kecamatan Dringu.

Sejak pagi hari, puluhan pengurus GP Ansor ini sudah mulai bergerak ke makam-makam terdekat. Beberapa peralatan mulai dari sapu, sabit bahkan hingga cat tidak lupa mereka bawa. Bahkan ada juga yang membawa cangkul. Uniknya, sebagian masyarakat juga ada yang membawa makanan untuk dimakan bersama-sama.

Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Dringu Mahfud Hidayatullah kepada NU Online mengungkapkan bahwa kegiatan bersih-bersih makam ini dilakukan untuk memberikan contoh nyata kepada masyarakat agar mereka ingat kepada sanak keluarganya, terutama yang sudah meninggal. Sehingga mereka bisa berbagi kebahagiaan menjelang datangnya bulan suci Ramadhan.

“Bersih-bersih makam menjelang Ramadhan ini merupakan sebuah kepercayaan yang dilakukan oleh masyarakat secara turun temurun. Dengan diadakannya kegiatan semacam ini, paling tidak nantinya akan membuat ahli kubur juga bahagia dengan datangnya bulan suci Ramadhan,” ujarnya.

Menurut Mahfud, kegiatan bersih makam ini diyakini bisa menambah keyakinan agar mereka diberi kekuatan dalam menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh.  Sehingga dalam menjalankan ibadah puasa tidak hanya menahan makan dan minum saja, tetapi juga dapat mengerjakan amalan-amalan yang dapat menambah amal ibadah puasa.

“Dengan adanya kegiatan ini paling tidak kita akan berfikir bahwa manusia tidak akan selamanya hidup di dunia. Jika sudah tiba saatnya, maka manusia akan meninggal. Langkah ini diharapkan akan mampu menambah kekhusyu’an kita dalam menjalankan ibadah puasa,” jelasnya.  

Usai membersihkan makam, mereka berdo’a bersama di makam keluarga masing-masing. Kegiatan ini tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa, namun juga anak-anak.  “Walaupun belum cukup umur, diharapkan anak-anak ini bisa dilatih untuk berpuasa,” pungkasnya.(Dc)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Blogger Widgets

    • Disnakertrans Kabupaten Probolinggo akan melaksanakan Kegiatan Pelatihan Ketrampilan Service Sepeda Motor dan Teknik Las yang rencananya akan dilaksanakan pada tgl 21 April 2014. Silahkan mendaftar ke Kantor Disnakertrans atau ke BLK Kraksaan. Tempat terbatas untuk @20 orang per kelas.


    • Lomba Perpustakaan Sekolah dan Desa Terbaik, 7 s/d 14 Maret 2014.





Mau dapat info loker tiap hari sabtu via sms ???
kirim aja ke 085258785748
NB . tidak melayani konsultasi dan tanya jawab


Atau via

E-mail
BERLANGGANAN GRATIS Klik Disini Info Rumah Makan

Bila Anda ingin berlanggan berita dan info loker via email silakan masukkan email Anda pada kolom di bawah ini:

Delivered by FeedBurner




BB MESEGGER
256f8dc1







For Order and Information :
Juniadi
Phone : 08121711609 - 08983766399
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Portal Probolinggo Kraksaan - All Rights Reserved
Original Design by Maskolis.com Modified by aryo@kraksaan-online[dot]com | kraxan cyber