Ditemukan 2.034 DPT Ganda - Portal Probolinggo Kraksaan Ditemukan 2.034 DPT Ganda - Kraksaan Online Ditemukan 2.034 DPT Ganda - Kraksaan online
Headlines News :
Powered by Blogger.

Blog Archive

Home » » Ditemukan 2.034 DPT Ganda

Ditemukan 2.034 DPT Ganda

Written By Redaksi 1 on Tuesday 6 November 2012 | 15:40


Pilkada kabupaten Probolinggo digelar tanggal 8 November

PROBOLINGGO - Menjelang pencoblosan Pilkada Kabupaten Probolinggo, Kamis (8/11) mendatang, ditemukan sebanyak 2.034 daftar pemilih tetap (DPT) yang diduga ganda. Temuan tim pemenangan Cabup-Cawabup Habib Salim Qurays-Agus Setiawan (Bagus) itu langsung dilaporkan ke KPU dan Panwaslu setempat.
“Setelah 842.889 DPT untuk Pemilukada kami teliti ternyata ditemukan 2.034 DPT ganda,” ujar Wakil Ketua Tim Pemenangan Bagus, Agil Bafagih, Senin (5/11). Agar tidak menimbulkan permasalahan di belakang hari, temuan itu diserahkan ke KPU setempat untuk ditindaklanjuti.
Mantan anggota KPU Kabupaten Probolinggo itu menambahkan, temuan adanya ribuan DPT ganda itu diketahui setelah Tim Bagus melakukan verifikasi atas DPT yang dikeluarkan KPU. “Disebut ganda, karena ada pemilih terdaftar di dua TPS sekaligus,” ujarnya.
Agil mencontohkan, Suwono (58), warga Desa Sapikerep, Kecamatan Sukapura misalnya memiliki dua hak suara. Petani sayur-mayur di lereng Gunung Bromo itu terdaftar di TPS 1 dan TPS 3 di desa yang sama, Sapikerep.
Berdasarkan verifikasi Tim Bagus, DPT ganda itu tersebar di 24 kecamatan se-Kabupaten Probolinggo. “Tersebar di semua kecamatan terutama di kecamatan dengan DPT paling banyak seperti Krucil, Tiris, Tongas, Kraksaan, hingga Leces,” ujar Agil.
Di Kecamatan Leces misalnya, ditemukan sekitar 400 pemilih ganda. “Di Kecamatan Besuk dan Kecamatan Kraksaan, juga ditemukan banyak pemilih ganda,” ujar anggota DPRD dari PPP itu.
Tim Bagus juga menemukan kejanggalan lain dalam penyusunan DPT. Yakni, pemilih yang tidak bernomor induk kependudukan (NIK) pun bisa masuk ke DPT. “Padahal DPT seharusnya disusun berdasarkan NIK. Lha kalau NIK-nya tidak ada kemudian masuk DPT, ya patut dipertanyakan,” ujar Agil.
Senyampang masih ada waktu beberapa hari menjelang pencoblosan, Kamis (8/11), Tim Bagus mendesak KPU dan Panwaslu membenahi DPT tersebut. Jika DPT bermasalah itu tidak dibenahi berpotensi menimbulkan permasalahan di belakang hari.
“Sengketa Pemilukada di beberapa daerah biasanya dipicu persoalan DPT,” ujar Agil. Karena itu KPU didesak segera menarik surat suara dan surat undangan ke Tempat Pemungutan Suara (C-6) untuk pemilih ganda. Tujuannya agar daftar ganda itu tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Yang jelas temuan DPT ganda dan DPT yang tidak merujuk pada NIK itu sudah disampaikan kepada KPU dan Panwaslu, Senin (5/11). “Begitu mendapatkan laporan dari kami, KPU pun langsung memanggil PPK dan PPS terkait dengan DPT ganda di daerahnya,” ujar Agil.
 
Tidak Sengaja
Ketua KPU Kabupaten Probolinggo, Gandi Hartoyo membenarkan, adanya temuan DPT ganda seperti dilaporkan Tim Bagus. “Tetapi itu semua bukan karena unsur kengajaan petugas,” ujarnya.

Gandi menambahkan, dari hasil pengecekan oleh KPU, tidak semua yang dilaporkan Tim Bagus benar. “Memang benar ada DPT ganda, tetapi tidak semuanya,” ujar Ketua KPU Kabupaten Probolinggo dua periode itu.
Menindaklanjuti laporan Tim Bagus, Senin sore, KPU memanggil PPK, PPS, dan KPPS. Tujuannya untuk mencocokkan data yang dimiliki KPU dengan temuan Tim Bagus. “Dengan dilakukan crosscheck diketahui, siapa saja yang termasuk pemilih ganda,” ujar mantan politisi PAN itu.
Begitu diketahui ada pemilih ganda, kata Gandi, KPU langsung memerintahkan agar surat suara dan surat undangan ke TPS (C-6) ditarik salah satu. Artinya, pemilih tersebut hanya berhak memilih di satu TPS.
Disinggung soal DPT yang tidak merujuk pada NIK, Gandi meminta yang bersangkutan membawa surat keterangan dari desa dan kecamatan setempat. “Benar ada pemilih yang tidak memiliki NIK, tetapi semua itu didata sesuai keterangan dari desa dan kecamatan setempat. Artinya petugas tidak sembarangan memasukkan pemilih,” ujarnya. isa

sumber:http://www.surabayapost.co.id/?mnu=berita&act=view&id=0e9887abe9babd571e87732ba175af8f&jenis=c81e728d9d4c2f636f067f89cc14862c
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Blogger Widgets

    • Disnakertrans Kabupaten Probolinggo akan melaksanakan Kegiatan Pelatihan Ketrampilan Service Sepeda Motor dan Teknik Las yang rencananya akan dilaksanakan pada tgl 21 April 2014. Silahkan mendaftar ke Kantor Disnakertrans atau ke BLK Kraksaan. Tempat terbatas untuk @20 orang per kelas.


    • Lomba Perpustakaan Sekolah dan Desa Terbaik, 7 s/d 14 Maret 2014.





Mau dapat info loker tiap hari sabtu via sms ???
kirim aja ke 085258785748
NB . tidak melayani konsultasi dan tanya jawab


Atau via

E-mail
BERLANGGANAN GRATIS Klik Disini Info Rumah Makan

Bila Anda ingin berlanggan berita dan info loker via email silakan masukkan email Anda pada kolom di bawah ini:

Delivered by FeedBurner




BB MESEGGER
256f8dc1







For Order and Information :
Juniadi
Phone : 08121711609 - 08983766399
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Portal Probolinggo Kraksaan - All Rights Reserved
Original Design by Maskolis.com Modified by aryo@kraksaan-online[dot]com | kraxan cyber