KRIPIK JAGUNG - Portal Probolinggo Kraksaan KRIPIK JAGUNG - Kraksaan Online KRIPIK JAGUNG - Kraksaan online
Headlines News :
Powered by Blogger.

Blog Archive

Home » , » KRIPIK JAGUNG

KRIPIK JAGUNG

Written By Redaksi 1 on Saturday 24 April 2010 | 23:47


Jagung merupakn makanan khas probolinggo, khususnya dari kecanatan sumberasih. Jadi, pernyataan tidak pas bila ke probolinggo jika tidak mencicipi nasi jagung atau buah jagung bakar maupun jagung rebus.
Jagung muda yang rasa manis dan mudah di kunyah menjadi tanaman pokok banyak petani di probolinggo. Namun, akhir-akhir ini, harga jagung berfluktuasi cukup tajam. Terkadang cukup mahal, tetapi tidak jarang harganya anjlok ke titik terendah, hany Rp2.000 per kilo gram. Sedangkan jika lebih mahal bias mencapai Rp 7.000 per kilogram.
Keadaan ini sangat memprihatinkan petani jagung yang jumlahnya mencapai ribuan orang. Apalagi jagung kini banyak di tanam di wilayah lain dan hasilnya cukup baik.



Berawal dari kekhawatiran tersebbut, bambang sumatri pria berusia 58 tahun ini, mencoba mengembangkan kripik jagung seta mengembangkan pula bididaya tanamn jagung. Sebelum merintis kripik jagung bambang sejak tahun 1994 sudah mengembangkan kripik ini. Namun pembuatan biasanya hanya menjelan lebaran ketika banyk pesanan dari keluarga untuk oleh-oleh kerabat yang mudik lebaran.
Oleh karenanya, ia berusaha mencoba meningkatkan inovasinya dan mulai melirik membuat samiler jagung dan petulo jagung. Hal di kembangkan sejak tahun 2005.
Selain mendongkrak harga jagung, kripik jagung juga menjadi alternatif untuk memasarkan produk lain seperti buah mangga.sebab, daya tahan kripik ini bias mencapai satu tahun sementara buah lain paling lama satu minggu.
Produksi kripik jagung dari muneng ini bias mencapi 20-23 kg/hari. Kalu dilihat hasilnya munakin bias dibilang sedikit. Namun, untuk membuat sat kilogram kripik sebenarnya berasal dari 10 kg jagung.
Caranya pengolahnnya, jagung di kupas dibuang kulit dan batangnya. Setiap 10 kg jagung segar akan menjadi 6 kg jagung. Jagung yang hendak dijadikan kripik merupakn produksi para petani sekitar yag tergabung dalam kelompok tani yang jumlahnya mencapi 19 kelompok. Setelah matang, kriprik jagung tersebut dikemas dengan kemasan yang cukup baik dan dijual di pasaran, tidak hanya di probolinggo tetapi hamper ke seluruh kota di jawa Timur.
Untuk pemasaran di wilaya probolinggo, setiap bulannya mencapai 8.000 pak atau 80 kg. kripik yang dijual baru dengan ukuran berat 100 gram dengan harga antara Rp.10000
-Rp.10.500 per kg atau bias mencapai lebih Rp.100.000 per pak
Denagn adanya usaha kripik jangung,petani jangung menjadi lebih bersemangat karena ternya hasilnya memang lebih menguntungkan dibandingkan dengan hanya menjual jangung .hanya saja, mereka m,asih belum berproduksi lebih banyak karena kapasitas mesin terpasang sangat terbatas.Naun bambang merreka berharap tahu-tahu mendatang biasa mendapatkan mesin baru lagi untuk mengembangkan usaha.


Klinik UMKM Kabuapten Probolinggo e-mail: operator.links@gmail.com
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Blogger Widgets

    • Disnakertrans Kabupaten Probolinggo akan melaksanakan Kegiatan Pelatihan Ketrampilan Service Sepeda Motor dan Teknik Las yang rencananya akan dilaksanakan pada tgl 21 April 2014. Silahkan mendaftar ke Kantor Disnakertrans atau ke BLK Kraksaan. Tempat terbatas untuk @20 orang per kelas.


    • Lomba Perpustakaan Sekolah dan Desa Terbaik, 7 s/d 14 Maret 2014.





Mau dapat info loker tiap hari sabtu via sms ???
kirim aja ke 085258785748
NB . tidak melayani konsultasi dan tanya jawab


Atau via

E-mail
BERLANGGANAN GRATIS Klik Disini Info Rumah Makan

Bila Anda ingin berlanggan berita dan info loker via email silakan masukkan email Anda pada kolom di bawah ini:

Delivered by FeedBurner




BB MESEGGER
256f8dc1







For Order and Information :
Juniadi
Phone : 08121711609 - 08983766399
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Portal Probolinggo Kraksaan - All Rights Reserved
Original Design by Maskolis.com Modified by aryo@kraksaan-online[dot]com | kraxan cyber