Lebaran Ketupat, Janur Banjiri Pasar - Portal Probolinggo Kraksaan Lebaran Ketupat, Janur Banjiri Pasar - Kraksaan Online Lebaran Ketupat, Janur Banjiri Pasar - Kraksaan online
Headlines News :
Powered by Blogger.

Blog Archive

Home » » Lebaran Ketupat, Janur Banjiri Pasar

Lebaran Ketupat, Janur Banjiri Pasar

Written By Redaksi 1 on Sunday 26 August 2012 | 09:29

Lebaran selain identik dengan kue-kue, juga lekat dengan makanan khas ketupat dan lepet, yang dibungkus dengan janur kelapa. Demi lebaran ketupat yang jatuh tujuh hari pasca-Idul Fitri, Minggu (26/8), sejumlah pasar di Probolinggo dan Lumajang dipenuhi komoditas janur.

Selain dijual dalam bentuk janur, pedagang juga menjual dalam bentuk ketupat kosong. “Kalau janur per 10 helai harganya Rp 3.000, kalau dalam bentuk 10 ketupat kosongan Rp 5.000. Tinggal pilih,” ujar Mbok Nah, penjual janur dan ketupat di Pasar Baru, Kota Probolinggo, Minggu pagi tadi.

Dikatakan sejak Sabtu (25/8) sore, sudah banyak pembeli yang membeli janur dan ketupat kosong. Tidak hanya di Pasar Baru, juga di sejumlah pasar lain seperti Pasar Gotong Royong, Pasar Mangunharjo, dan Pasar Wonoasih.
Geliat jual-beli janur itu juga terlihat menonjol di sejumlah pasar tradisional di Lumajang terutama di Pasar Ranuyoso. Bahkan di pasar yang terletak di perbatasan Probolinggo-Lumajang itu, jual-beli janur sudah terlihat sejak sehari menjelang Idul Fitri.
Di Lumajang, tradisi Lebaran Ketupat biasa dirayakan warga dengan beramai-ramai mandi di Lautan Indonesia. Di sela-sela mandi di Pantai Selatan itu, mereka membawa hidangan ketupat dan lepet.
“Namanya saja Lebaran Ketupat, ya kurang lengkap kalau tidak membuat ketupat,” ujar Abdul Rohman, perangkat Desa Kraton, Kecamatan Yosowilangun, Lumajang.
Karena permintaan janur meningkat, sebagian pedagang buah di Pasar Buah Ranuyoso, Lumajang pun juga menjual janur. Bahkan pedagang yang biasanya menjual kelapa, degan, dan buah-buahan beralih menjual janur.
“Mau avokad, nangka, dan sirsak, semua ada. Sekarang ditambah lagi dengan janur karena banyak yang beli,” ujar Hasan, penjual janur di Pasar Buah Ranuyoso.

Sejumlah pedagang pun sudah menunggu janur dari petani sejak pagi. Setiap ikat janur seukuran genggaman dihargai sekitar Rp 3.000-5.000 tergantung besarnya ikatan.

“Saya kulakan janur di Pasar Ranuyoso sejak sehari menjelang Idul Fitri. Di sini ini gudangnya janur,” ujar Djama’ah, pedagang janur dari Gresik. Dengan membawa pikap, Djama’ah menunggu pasokan janur dari sejumlah petani di belahan utara Lumajang itu.

Djama’ah kemudian menjual lagi janur-janur itu di Pasar Keputran, Surabaya dan di sejumlah pasar di Gresik. “Tidak hanya saya yang kulakan di sini. Sejumlah pedagang janur dari berbagai kota di Jatim juga kulakan janur di sini,” ujarnya.

Sementara itu sejumlah warga yang tidak ingin repot-repot saat merayakan Lebaran, lebih memilih membeli ketupat kosongan daripada janur. “Enak, tidak usah repot-repot menganyam janur, cukup beli ketupat kosongan Rp 5.000 per 10 buah,” ujar Ny. Mila, warga Jl. Kiai Ghozali, Lumajang.

Pasok Bali
Di luar momen lebaran, janur dari Lumajang juga “mengalir” ke Pulau Dewata, Bali. “Sejumlah pedagang rutin memasok janur untuk kebutuhan upacara adat di Bali,” ujar Yono, warga Ranuyoso.
Di Bali, janur asal Lumajang biasanya digunakan untuk menghias penjor, takir kawung, dan sejumlah pelengkap upacara adat. Selain dari Lumajang, kebutuhan janur di Bali juga dipasok dari sentra tanaman kelapa di Probolinggo, Jember dan Banyuwangi.
Eksploitasi janur besar-besaran terutama saat lebaran, kata sejumlah petani, mengakibatkan produktivitas kelapa menurun. “Kalau janur diambili terus-menerus ya produktivitas buah kelapa bisa menurun,” ujar Brudin, petani kelapa di Ranuyoso.
Ancaman lain yang membuat produktivitas kelapa di Lumajang menurun adalah hama kumbang. “Gara-gara kwangwung atau kumbang kelapa, banyak tanaman kelapa rusak. Tetapi manusia lebih ganas dibandingkan kwangwung karena menghabiskan janur,” ujar Brudin sambil tertawa. isa
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Blogger Widgets

    • Disnakertrans Kabupaten Probolinggo akan melaksanakan Kegiatan Pelatihan Ketrampilan Service Sepeda Motor dan Teknik Las yang rencananya akan dilaksanakan pada tgl 21 April 2014. Silahkan mendaftar ke Kantor Disnakertrans atau ke BLK Kraksaan. Tempat terbatas untuk @20 orang per kelas.


    • Lomba Perpustakaan Sekolah dan Desa Terbaik, 7 s/d 14 Maret 2014.





Mau dapat info loker tiap hari sabtu via sms ???
kirim aja ke 085258785748
NB . tidak melayani konsultasi dan tanya jawab


Atau via

E-mail
BERLANGGANAN GRATIS Klik Disini Info Rumah Makan

Bila Anda ingin berlanggan berita dan info loker via email silakan masukkan email Anda pada kolom di bawah ini:

Delivered by FeedBurner




BB MESEGGER
256f8dc1







For Order and Information :
Juniadi
Phone : 08121711609 - 08983766399
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Portal Probolinggo Kraksaan - All Rights Reserved
Original Design by Maskolis.com Modified by aryo@kraksaan-online[dot]com | kraxan cyber