Kuburan Paus Bikin Penasaran - Portal Probolinggo Kraksaan Kuburan Paus Bikin Penasaran - Kraksaan Online Kuburan Paus Bikin Penasaran - Kraksaan online
Headlines News :
Powered by Blogger.

Blog Archive

Home » » Kuburan Paus Bikin Penasaran

Kuburan Paus Bikin Penasaran

Written By Redaksi 1 on Friday 6 May 2011 | 07:26


Pajarakan kraksaan - Kematian seekor paus jenis minke di Desa Penambangan, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, belum lama ini membuat tiga petugas dari Balai Riset dan Observasi Kelautan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Cabang Denpasar tertarik melakukan riset. Didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Dedy Isfandi, rombongan balai riset yang dipimpin Kepala Seksi Pelayanan Teknis Bambang Sukresno itu melakukan observasi ke kuburan paus, Kamis (5/5/2011).

Petugas balai riset mendapatkan penjelasan dari masyarakat setempat terkait matinya ikan sepanjang 15 meter tersebut. Proses penguburan mamalia laut terbesar itu sendiri memerlukan waktu yang sangat lama. Pasalnya, selain ukurannya yang besar, proses pemindahan ke darat juga sangat sulit.

Menurut Bambang, kematian paus tersebut bisa disebabkan usia dan sakit. Penyebab sakit bisa karena virus yang menempel ke badan ikan dan bukan karena serangan plankton. Ini karena paus tersebut mati tidak dalam kondisi berkelompok.

"Kematian juga dapat dipengaruhi oleh sedimentasi yang masuk ke laut. Apalagi sedimentasi pada musim penghujan juga meningkat sangat tinggi. Sedimentasi ini dapat memengaruhi kekeruhan air laut dan mengganggu paus yang sedang melakukan migrasi. Karena adanya kekeruhan air laut itulah, paus tersebut berbelok arah dan terdampar di daratan. Oleh karenanya, perlu dibuat sebuah endapan untuk mengurangi faktor kekeruhan air laut," kata Bambang.

Pihak balai riset masih mau mempelajari hal ini terlebih dahulu dengan mengumpulkan sampel air dan lingkungan untuk diteliti. Hasilnya nanti akan jadikan acuan dalam menentukan langkah-langkah jangka pendek dan panjang sehingga nantinya akan muncul langkah penanganan yang terukur. Hewan laut raksasa dikabarkan sering mampir ke perairan Kabupaten Probolinggo, seperti paus dan hiu.

Populasi ikan paus selama ini melakukan migrasi dari Samudra Pasifik ke Samudra Hindia. Namun dalam fenomena ini, paus tersebut berbelok arah dan singgah sementara serta berputar-putar di perairan Kabupaten Probolinggo. Migrasi ikan itu terjadi, lanjut Bambang, karena suhu, arus, dan makanan. Untuk mempermudah pendeteksian populasi ikan paus ini, ada rencana pemasangan tagging di sirip ikan. Dengan demikian, ikan ini akan dapat terpantau dengan satelit.

"Ini unik. Kok bisa paus ini mau belok ke Selat Madura. Namun, keunikan ini bisa dijual ke masyarakat, baik dalam maupun luar, sebagai salah satu daya tarik wisata. Ke depan kami akan membicarakan MoU dengan Pemerintah Kabupaten Probolinggo untuk penanganan kejadian ini supaya pemantauan bisa dilakukan secara rutin dan terus-menerus," ungkap Bambang.

Adapun Dedy Isfandi mengungkapkan, kedatangan tim dari Balai Riset dan Observasi Kelautan ini merupakan tindak lanjut dari laporan tertulis mengenai kematian ikan paus yang dikirimkan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan beberapa waktu lalu. Kematian paus tersebut perlu mendapatkan penanganan yang serius dari semua pihak.

"Laut diibaratkan tong sampah raksasa. Semua sampah yang dibawa oleh sungai masuk ke laut. Oleh karenanya, saya meminta kepada semua pihak dan masyarakat supaya bersama-sama bisa menjaga dan melestarikan sektor kelautan ini agar semua bisa menikmati hasilnya," ujarnya.

Seusai dari Kecamatan Pajarakan, rombongan tim balai riset berkunjung ke tempat wisata Pantai Bentar di Kecamatan Gending. Kunjungan ini untuk melihat dari dekat keberadaan dari hiu tutul yang kerap muncul di perairan pantai tersebut. Namun, setelah berputar-putar sekitar dua jam di tengah laut, hiu tutul ini tidak juga muncul.







Kraksaan online memberikan hak bagi warga kraksaan dan sekitarnya untuk ikut berpartisipasi dalam membagi berita dan foto yang terjadi di sekitar kota kraksaan seperti daerah patokan , semampir , Kandangjati kulon, sidomukti dan kraksaan wetan dan juga tidak menutup kemungkinan daerah daerah se-kabupaten probolinggo mari bersama memajukan kota kraksaan dan kabupaten probolinggo bersama sama kirimkan berita dan foto anda ke e-mail kraxsan.online@gmail.com trima kasih

Powered by Spiderizon, free backlinks.

Bila Anda ingin berlanggan berita dan info loker via email silakan masukkan email Anda pada kolom di bawah ini:

Delivered by FeedBurner

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Blogger Widgets

    • Disnakertrans Kabupaten Probolinggo akan melaksanakan Kegiatan Pelatihan Ketrampilan Service Sepeda Motor dan Teknik Las yang rencananya akan dilaksanakan pada tgl 21 April 2014. Silahkan mendaftar ke Kantor Disnakertrans atau ke BLK Kraksaan. Tempat terbatas untuk @20 orang per kelas.


    • Lomba Perpustakaan Sekolah dan Desa Terbaik, 7 s/d 14 Maret 2014.





Mau dapat info loker tiap hari sabtu via sms ???
kirim aja ke 085258785748
NB . tidak melayani konsultasi dan tanya jawab


Atau via

E-mail
BERLANGGANAN GRATIS Klik Disini Info Rumah Makan

Bila Anda ingin berlanggan berita dan info loker via email silakan masukkan email Anda pada kolom di bawah ini:

Delivered by FeedBurner




BB MESEGGER
256f8dc1







For Order and Information :
Juniadi
Phone : 08121711609 - 08983766399
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Portal Probolinggo Kraksaan - All Rights Reserved
Original Design by Maskolis.com Modified by aryo@kraksaan-online[dot]com | kraxan cyber