Pesantren NU Probolinggo Juga Tolak Sertifikasi Ulama - Portal Probolinggo Kraksaan Pesantren NU Probolinggo Juga Tolak Sertifikasi Ulama - Kraksaan Online Pesantren NU Probolinggo Juga Tolak Sertifikasi Ulama - Kraksaan online
Headlines News :
Powered by Blogger.

Blog Archive

Home » » Pesantren NU Probolinggo Juga Tolak Sertifikasi Ulama

Pesantren NU Probolinggo Juga Tolak Sertifikasi Ulama

Written By Redaksi 1 on Wednesday 12 September 2012 | 07:04

Kraksaan-online.com - Penolakan terhadap wacana sertifikasi ulama yang digulirkan Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) terus mengalir. Kali ini aksi penolakan muncul dari Ketua Robithotul Ma'ahid Islamiyah (RMI) atau asosiasi pesantren NU Kota Probolinggo, Jawa Timur, Abdul Aziz.
Abdul Aziz menyatakan, sertifikasi ulama adalah tindakan ngawur dan seakan-akan ulama merupakan dalangnya teroris.

"Ulama itu bukan profesi seperti guru. Ulama atau kiai adalah seseorang yang alim yang dilabeli masyarakat karena ilmunya tinggi dan bermoral. Kalau ilmunya tinggi tapi moralnya bejat, tak akan disebut kiai. Demikian juga sebaliknya, moralnya bagus tapi tak berilmu, tak mungkin disebut ulama. Ilmu dan moral adalah dua variabel penting. Jadi, pemerintah jangan ngawur dong dengan mensertifikasi ulama," kata Aziz kepada Kompas.com, Selasa (11/9/2012).

Aziz menambahkan, jika memang pemerintah bermaksud mencegah radikalisasi di Indonesia, caranya tidak harus mensertifikasi ulama. Cara lain yang bisa ditempuh adalah dengan menggandeng ormas-ormas Islam, Nahdlatul Ulama (NU) misalnya, untuk memerangi radikalisasi.

Toh dari dulu, NU mematok harga mati bahwa NKRI adalah final. "Sayangnya, terkadang pemerintah seenaknya sendiri. Ketika negara sudah berjalan dan aman, NU ditinggal dan tidak diperhatikan. Baru ketika ada ancaman disintegrasi bangsa, NU kemudian diingat," urainya.

Penolakan sertifikasi ulama tersebut, kata Aziz, juga didukung oleh 34 pengasuh pondok pesantren se-Kota Probolinggo yang tergabung dalam RMI. "RMI menolak tegas wacana sertifikasi ulama tersebut," pungkasnya.
Editor :
Farid Assifa(kompas.com)
sumber:
kompas.com
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Blogger Widgets

    • Disnakertrans Kabupaten Probolinggo akan melaksanakan Kegiatan Pelatihan Ketrampilan Service Sepeda Motor dan Teknik Las yang rencananya akan dilaksanakan pada tgl 21 April 2014. Silahkan mendaftar ke Kantor Disnakertrans atau ke BLK Kraksaan. Tempat terbatas untuk @20 orang per kelas.


    • Lomba Perpustakaan Sekolah dan Desa Terbaik, 7 s/d 14 Maret 2014.





Mau dapat info loker tiap hari sabtu via sms ???
kirim aja ke 085258785748
NB . tidak melayani konsultasi dan tanya jawab


Atau via

E-mail
BERLANGGANAN GRATIS Klik Disini Info Rumah Makan

Bila Anda ingin berlanggan berita dan info loker via email silakan masukkan email Anda pada kolom di bawah ini:

Delivered by FeedBurner




BB MESEGGER
256f8dc1







For Order and Information :
Juniadi
Phone : 08121711609 - 08983766399
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Portal Probolinggo Kraksaan - All Rights Reserved
Original Design by Maskolis.com Modified by aryo@kraksaan-online[dot]com | kraxan cyber