Kecamatan Paiton - Portal Probolinggo Kraksaan Kecamatan Paiton - Kraksaan Online Kecamatan Paiton - Kraksaan online
Headlines News :
Powered by Blogger.

Blog Archive

Home » , » Kecamatan Paiton

Kecamatan Paiton

Written By Redaksi 1 on Sunday 6 March 2011 | 03:11










Sudut kota
- (kraksaan-0nline.com) Paiton adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Probolinggo yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Situbondo. Kecamatan ini berada di sebelah timur dengan pusat wilayah berjarak 20 km dari Kraksaan, Ibukota Kabupaten Probolinggo.

Secara geografis, Paiton terletak di tepi pantai utara provinsi Jawa Timur. Wilayahnya berbatasan dengan Selat Madura di utara, Kecamatan Kraksaan di sebelah barat, serta Kabupaten Situbondo di sisi Timur. Berada di koordinat 7°43'30"S 113°32'32"E.

Paiton memiliki pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) terbesar di Asia Tenggara. Pembangkit ini terletak di Desa Binor dengan enam pembangkit listrik yang menyuplai kebutuhan di Jawa dan Bali, serta 3 unit masih dalam proses pembangunan.

* Unit 1 & 2 dengan kapasitas paling kecil, yakni 800MW dimiliki dan dioperasikan oleh Unit Pembangkitan Paiton (PT. PLN)
* Unit 3 & 4 saat ini masih dalam proses pembangunan untuk memenuhi kebutuhan listrik di P. Jawa.
* Unit 5 & 6 berkapasitas 1260MW dimiliki oleh Jawa Power dan dioperasikan oleh YTL Jawa Timur.
* Unit 7 & 8 memiliki kapasitas 1200MW dimiliki oleh Paiton Energy Co dan dioperasikan oleh PT. International Power Mitsui Operation & Maintenance Indonesia (IPMOMI).
* Unit 9 saat ini (2009 - red) sedang dalam tahap pengerjaan oleh Konsorsium dari China. Rencananya akan selesai sekitar tahun 2011.

Kecamatan Paiton, masih memiliki nuansa pondok pesantren tradisional yang tersebar merata.

* Pondok Pesantren Mambaul Ulum di desa Sukodadi.
* Pondok Pesantren yang didirikan oleh KH. Mino di Kalikajar.
* Pondok Pesantren Nurur Riyadhah di desa Alastengah merupakan tempat belajar bahasa secara metafisik.
* Pondok Pesantren modern, Nurul Jadid di Karanganyar yang merupakan pusat pendidikan terbesar dan memiliki ribuan Santri. Peserta didik tidak hanya berasal dari dalam negeri namun juga banyak yang berasal dai Brunei dan Malaysia.

Sedangkan untuk pendidikan formal, Paiton memiliki rata-rata 1 Sekolah Dasar Negeri di setiap desanya. Bahkan beberapa desa juga mempunyai Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Beberapa Lembaga Pendidikan yang berada di Kecamatan paiton, diantaranya:

* SMA Negeri 1 Paiton
* SMA Tunas Luhur
* SMP Bhakti Pertiwi
* SMP Negeri 1 Paiton
* SMP Negeri 2 Paiton
* SD Neger1 1 Sukodadi
* SD Negeri 2 Sukodadi
* SD Negeri 1 Sumberanyar
* MA Negeri Paiton
* MTs Negeri Paiton

Sisa-sisa jalur transportasi jalur kereta api gedungnya masih berdiri mulai dari Koramil Paiton hingga Studio Foto depan Puskesmas Paiton. Sayangnya bekas Stasiun Kereta Apinya yang terletak sekitar 50 meter di sebelah Timur Studio Foto telah di runtuhkan pada 1985-an. Sekarang Bekas Stasiun Kereta Api itu di jadikan rumah hunian oleh warga dengan status Sewa Lahan. Dan sebagian bekas Pabrik Gula (dibombardir pada masa penjajahan Jepang antara tahun 1942-1943) sekarang menjadi Lapangan Sepak bola, Kantor Pos (dulu di depan Koramil yang sekarang ), Diknas Paiton, SMP BP, Kantor Pengairan dan Polsek Paiton.

Kecamatan Paiton memiliki potensi wisata sejarah dengan Candi Jabung sebagai peninggalan Kerajaan Majapahit. Selain itu, Paiton juga memiliki lokasi pemandian Jabung Tirta dan Pantai Binor yang menjadi tujuan wisata warga lokal.(taufik)



Referensi :
1. id.wikipedia.org

Gambar :
1. PLTU Paiton di Malam hari (tyasharyadi.blogspot.com)
2. Peta dari http://maps.google.com





Kraksaan online memberikan hak bagi warga kraksaan dan sekitarnya untuk ikut berpartisipasi dalam membagi berita dan foto yang terjadi di sekitar kota kraksaan seperti daerah patokan , semampir , Kandangjati kulon, sidomukti dan kraksaan wetan dan juga tidak menutup kemungkinan daerah daerah se-kabupaten probolinggo mari bersama memajukan kota kraksaan dan kabupaten probolinggo bersama sama kirimkan berita dan foto anda ke e-mail kraxsan.online@gmail.com trima kasih
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Blogger Widgets

    • Disnakertrans Kabupaten Probolinggo akan melaksanakan Kegiatan Pelatihan Ketrampilan Service Sepeda Motor dan Teknik Las yang rencananya akan dilaksanakan pada tgl 21 April 2014. Silahkan mendaftar ke Kantor Disnakertrans atau ke BLK Kraksaan. Tempat terbatas untuk @20 orang per kelas.


    • Lomba Perpustakaan Sekolah dan Desa Terbaik, 7 s/d 14 Maret 2014.





Mau dapat info loker tiap hari sabtu via sms ???
kirim aja ke 085258785748
NB . tidak melayani konsultasi dan tanya jawab


Atau via

E-mail
BERLANGGANAN GRATIS Klik Disini Info Rumah Makan

Bila Anda ingin berlanggan berita dan info loker via email silakan masukkan email Anda pada kolom di bawah ini:

Delivered by FeedBurner




BB MESEGGER
256f8dc1







For Order and Information :
Juniadi
Phone : 08121711609 - 08983766399
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Portal Probolinggo Kraksaan - All Rights Reserved
Original Design by Maskolis.com Modified by aryo@kraksaan-online[dot]com | kraxan cyber