Listrik Probolinggo Byar-Pet - Portal Probolinggo Kraksaan Listrik Probolinggo Byar-Pet - Kraksaan Online Listrik Probolinggo Byar-Pet - Kraksaan online
Headlines News :
Powered by Blogger.

Blog Archive

Home » » Listrik Probolinggo Byar-Pet

Listrik Probolinggo Byar-Pet

Written By Redaksi 1 on Tuesday 29 January 2013 | 20:52

 
PLN diadili DPRD selama Januari 6 kali padam, kalangan usaha dan industri mengeluh rugi
PROBOLINGGO - Sering padamnya listrik tanpa pemberitahuan membuat masyarakat terutama kalangan pengusaha di Kota Probolinggo mengeluhkan kinerja PLN setempat. Komisi A DPRD pun akhirnya ’mengadili’ pihak PLN melalui rapat dengar-pendapat (hearing) di gedung DPRD Kota Probolinggo, Senin (28/1).

Hearing yang dipimpin Ketua Komisi A, Asad Anshari itu dihadiri Manager PLN Unit Pelayanan Jaringan (UPJ) Probolinggo, Hudono, pengusaha, dan Lembaga Pengaduan Konsumen (LPK) Kota Probolinggo.    
”Selama Januari 2013 saja, berkali-kali listrik PLN padam mendadak. Perusahaan kami pun merugi karena tidak bisa berproduksi,” ujar Manager Umum PT Riva Garment, Darin saat hearing.
Darin mengatakan, selama Januari ini sudah enam kali listrik PLN padam. ”Saya mencatat, tanggal 6, 11, 12, 14, 15, dan terakhir pagi ini, tanggal 28 listrik juga padam,” ujarnya.

Akibatnya listrik ”byar-pet” tanpa pemberitahuan lebih dulu itu perusahaan pakaian jadi (garmen) di Jl. Brantas, Kota Probolinggo itu merugi. ”Perusahaan kami memiliki 600 pekerja, kalau sampai satu jam saja listrik padam, kami merugi sekitar Rp 7,5 juta,” ujarnya.

Kerugian sebesar itu, kata Darin, dihitung dari output (produksi) yang hilang yakni, sekitar 500 potong celana/jam. ”Buyer pun sampai mengurangi jumlah pesanan garmen,” ujarnya.

Dikatakan jika lebih sejam menunggu listrik belum juga menyala, perusahaan garmen itu terpaksa memulangkan pekerjanya. ”Disuruh menunggu terus, ya kalau listriknya segera menyala,” ujar Darin.
Sebenarnya perusaaan PT Diva Garment tidak sendirian. Soalnya di kawasan industri Jl. Brantas bercokol puluhan industri lain, yang juga menggantungkan kinerjanya pada pasokan listrik PLN.

”Kalau PLN ’byar-pet’ atau sering padam, yang dirugikan tidak hanya kalangan industri, tetapi juga ribuan warga Kota Probolinggo,” ujar Asad. Dikatakan pihak PT Riva Garment sengaja diundang, karena sempat mengeluhkan seringnya listrik padam mendadak.

Di luar PT Riva Garment, usaha kecil seperti warnet juga mengaku rugi terkait listrik yang sering ”byar-pet”. ”Kalau pas listrik padam, dalam sehari omzet kami bisa turun hingga separonya,” ujar Ujung Cahyo, operator Warnet Zahra, Kota Probolinggo.

Cahyo menambahkan, usaha warnetnya yang memiliki 10 unit komputer setiap hari meraup pendapatan sekitar Rp 250 ribu. ”Begitu listrik padam, pendapatan kami tingga separonya,” ujarnya.
”Selain itu kami juga menerima keluhan dari pengusaha laundry dan katering terkait seringnya listrik padam,” ujar Asad. Politisi PKNU itu mempertanyakan, apakah pihak PLN tidak bisa mengurangi angka ”byar-pet” itu.
Sementara itu Djoko dari LPK Kota Probolinggo mengatakan, jika warga terlambat membayar listrik dikenai denda. ”Sisi lain kalau listrik sering padam, wajar kalau warga teriak-teriak,” ujarnya.

Pohon Tumbang
Manager UPJ PLN Probolinggo, Hudono mengakui, selama puncak musim hujan, Januari ini listrik PLN memang sering padam. ”Itu padam karena gangguan, bukan pemadaman terencana karena ada pembenahan jaringan yang terjadwal,” ujarnya.

Gangguan yang sering terjadi saat musim hujan, kata mantan Kepala UPJ PLN Kraksaan itu, jaringan listrik terserempet hingga tertimpa pohon tumbang. ”Di musim hujan, apalagi kalau disertai angin kencang, sering terjadi pohon tumbang menimpa jaringan listrik,” ujarnya.

Hudono menambahkan, jaringan penyulang listrik yang melintasi kawasan lereng Gunung Bromo pun rawan gangguan. Soalnya jaringan itu menerebos rerimbunan bambu milik warga hingga wilayah hutan pinus milik Perhutani. ”Kami pernah menyurati Perhutani terkait perabasan (pemotongan, Red.) ranting-ranting pohon pinus, ternyata harus menunggu izin dari Perhutani pusat,” ujarnya.

Bahkan gangguan jaringan listrik juga terjadi di kawasan Kota Probolinggo berupa pohon-pohon peneduh di tepi jalan. ”Untuk melakukan perabasan, kami harus berkoordinasi dengan BLH (Badan Lingkungan Hidup, Red.),” ujar Hudono. isa

sumber:http://www.surabayapost.co.id/?mnu=berita&act=view&id=12626c18d8d33fdfd642f690ffb85a50&jenis=c81e728d9d4c2f636f067f89cc14862c
Share this article :

2 comments:

  1. pak tegangan di rumah saya kok cuman skitar 130 tolong di stabilkan scepatnya daya 450

    ReplyDelete
  2. posang crw : bapak bisa langsung k pln terdekat

    ReplyDelete

Blogger Widgets

    • Disnakertrans Kabupaten Probolinggo akan melaksanakan Kegiatan Pelatihan Ketrampilan Service Sepeda Motor dan Teknik Las yang rencananya akan dilaksanakan pada tgl 21 April 2014. Silahkan mendaftar ke Kantor Disnakertrans atau ke BLK Kraksaan. Tempat terbatas untuk @20 orang per kelas.


    • Lomba Perpustakaan Sekolah dan Desa Terbaik, 7 s/d 14 Maret 2014.





Mau dapat info loker tiap hari sabtu via sms ???
kirim aja ke 085258785748
NB . tidak melayani konsultasi dan tanya jawab


Atau via

E-mail
BERLANGGANAN GRATIS Klik Disini Info Rumah Makan

Bila Anda ingin berlanggan berita dan info loker via email silakan masukkan email Anda pada kolom di bawah ini:

Delivered by FeedBurner




BB MESEGGER
256f8dc1







For Order and Information :
Juniadi
Phone : 08121711609 - 08983766399
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Portal Probolinggo Kraksaan - All Rights Reserved
Original Design by Maskolis.com Modified by aryo@kraksaan-online[dot]com | kraxan cyber