Pemerintah Segera Ganti Kerugian Petani Bromo - Portal Probolinggo Kraksaan Pemerintah Segera Ganti Kerugian Petani Bromo - Kraksaan Online Pemerintah Segera Ganti Kerugian Petani Bromo - Kraksaan online
Headlines News :
Powered by Blogger.

Blog Archive

Home » » Pemerintah Segera Ganti Kerugian Petani Bromo

Pemerintah Segera Ganti Kerugian Petani Bromo

Written By Redaksi 1 on Monday 3 January 2011 | 16:22


Bromo - (kraksaan-online.com) Pemerintah segera mendata secara rinci kerugian gagal panen yang diderita masyarakat akibat letusan Gunung Bromo. "Setelah kita data, seluruh kerugian akan kita ganti," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur Siswanto, Senin (3/1).

Untuk pendataan ini, BPBD telah minta Bupati Probolinggo segera menerjunkan tim ke daerah-daerah yang terimbas letusan Bromo. Selain akan memberikan ganti rugi, pemerintah berjanji akan memberikan bantuan bibit.

Menurut Siswanto, akibat letusan yang terjadi beberapa hari terakhir, kondisi persawahan di sekitar Bromo memang rusak parah. Kerusakan umumnya terjadi di 12 desa yang ada di kecamatan Sukapura Probolinggo.


Dari data yang dimiliki BPBD, kerugian pertanian yang diakibatkan letusan Bromo mencapai 2.440 hektar dengan nilai kerugian mencapai Rp 28 miliar. Kerugian terparah terjadi di Desa Ngadirejo dengan lahan yang rusak mencapai 304 hektar dengan togal kerugian mencapai Rp 8,6 miliar.

Selain itu, juga di Desa Ngadisari dengan lahan yang rusak mencapai 294 hektar dengan nilai kerugian Rp 6,2 miliar. Desa Wonoroto juga mengalami kerugian mencapai 1,2 miliar dengan luasan lahan yang rusak 339 hektar. Di desa-desa ini mayoritas lahan warga ditanami kentang, wortel, bawang, kubis, tomat, maupun jagung.

Beberapa Desa yang juga mengalami kerusakan yaitu, Desa Jetak, Ngadas, Wonokerto, Sambikerep, Pakel, Kadiasari, Sariwangi, Sukapura, dan Ngepung.

Kerusakan tanaman, disebabkan karena tebalnya abu bromo yang menempel, bahkan dibeberapa lokasi ketebalan abu mencapai 30 centimeter sehingga langsung mengubur seluruh hasil pertanian. "Jagung saja yang tinggi dan kuat ambruk, apalagi kalau tamanan yang rendah seperti wortel dan kubis," katanya.

FATKHURROHMAN TAUFIQ

sumber :'http://www.tempointeraktif.com/hg/surabaya/2011/01/03/brk,20110103-303357,id.html



Kraksaan online memberikan hak bagi warga kraksaan dan sekitarnya untuk ikut berpartisipasi dalam membagi berita dan foto yang terjadi di sekitar kota kraksaan seperti daerah patokan , semampir , Kandangjati kulon, sidomukti dan kraksaan wetan dan juga tidak menutup kemungkinan daerah daerah se-kabupaten probolinggo mari bersama memajukan kota kraksaan dan kabupaten probolinggo bersama sama kirimkan berita dan foto anda ke e-mail kraxsan.online@gmail.com trima kasih
Share this article :

1 comment:

  1. Superb post , I just deal it with my pal of Taiwan. I Stumble UP your net log spot ,
    you will determine an growth of visitors within
    24 hours for pointed people today. Cheers

    Feel free to surf to my blog cheap hosting reseller

    ReplyDelete

Blogger Widgets

    • Disnakertrans Kabupaten Probolinggo akan melaksanakan Kegiatan Pelatihan Ketrampilan Service Sepeda Motor dan Teknik Las yang rencananya akan dilaksanakan pada tgl 21 April 2014. Silahkan mendaftar ke Kantor Disnakertrans atau ke BLK Kraksaan. Tempat terbatas untuk @20 orang per kelas.


    • Lomba Perpustakaan Sekolah dan Desa Terbaik, 7 s/d 14 Maret 2014.





Mau dapat info loker tiap hari sabtu via sms ???
kirim aja ke 085258785748
NB . tidak melayani konsultasi dan tanya jawab


Atau via

E-mail
BERLANGGANAN GRATIS Klik Disini Info Rumah Makan

Bila Anda ingin berlanggan berita dan info loker via email silakan masukkan email Anda pada kolom di bawah ini:

Delivered by FeedBurner




BB MESEGGER
256f8dc1







For Order and Information :
Juniadi
Phone : 08121711609 - 08983766399
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Portal Probolinggo Kraksaan - All Rights Reserved
Original Design by Maskolis.com Modified by aryo@kraksaan-online[dot]com | kraxan cyber