Status Gunung Bromo di Probolinggo, Jawa Timur, naik dari siaga menjadi awas. - Portal Probolinggo Kraksaan Status Gunung Bromo di Probolinggo, Jawa Timur, naik dari siaga menjadi awas. - Kraksaan Online Status Gunung Bromo di Probolinggo, Jawa Timur, naik dari siaga menjadi awas. - Kraksaan online
Headlines News :
Powered by Blogger.

Blog Archive

Home » » Status Gunung Bromo di Probolinggo, Jawa Timur, naik dari siaga menjadi awas.

Status Gunung Bromo di Probolinggo, Jawa Timur, naik dari siaga menjadi awas.

Written By Redaksi 1 on Wednesday 24 November 2010 | 06:54


STATUS AWAS Awan panas menyembur dari kawah Gunung Bromo di Probolinggo, Jawa Timur, kemarin. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM menetapkan status Gunung Bromo menjadi awas (level IV) dan meminta wilayah sejauh 3 km dikosongkan.

JAKARTA(SINDO) – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM kemarin menaikkan status Gunung Bromo menjadi awas (level IV). Peningkatan status vulkanik Gunung Bromo menjadi awas (level IV) ditetapkan sejak Selasa (23/11) pukul 15.40 WIB.

Peningkatan status Gunung Bromo tersebut terjadi dua kali dalam satu hari.Sebelumnya, pada pukul 08.00 WIB,PVMBG menetapkan status siaga (level III). PVMBG mencatat,sejak Selasa (23/11) pukul 03.00 WIB, secara terus- menerus terjadi gempa tremor dengan amplitudo maksimum 10–15 mm dan terus mengalami peningkatan hingga pukul 06.15 WIB. Secara visual, sejak Senin (22/11) hingga kemarin, terlihat adanya hembusan asap berwarna putih dari kawah dengan kondisi sedang hingga pekat, tekanannya kuat dengan tinggi hembusan mencapai 250 meter dari bibir kawah mengarah ke utara. Kondisi tersebut meningkat tajam pada sore harinya,yakni mulai pukul 15.40 WIB. Berdasarkan laporan PVMBG,pada pukul 15.40 WIB,terekam gempa tremor secara terus-menerus dengan amplitudo maksimal 30 mm.



Kepala PVMBG Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Surono menyatakan, penetapan kenaikan status Gunung Bromo ini didasarkan pada evaluasi aktivitas beberapa jam terakhir. “Ya, sudah terjadi peningkatan sejak pagi tadi dan sore ini,” tegas Surono. PVMBG pun telah menetapkan kawasan rawan bencana (KRB) untuk Gunung Bromo sejauh 3 km dan penutupan kaldera. Dengan peningkatan status ini, Surono meminta dalam radius 3 km tidak boleh ada satu pun kegiatan.Karena di kaldera Gunung Bromo tidak ada penduduk,tidak ada yang perlu diungsikan. ”Tidak perlu mengungsi, hanya kaldera saat ini tertutup untuk semua kegiatan dan wisatawan tidak boleh naik ke Bromo,”tegas Surono.

Hal senada diungkapkan Kepala Pos Pantau Gunung Bromo di Cemoro Lawang, Probolinggo,Moch Syafi’i.Menurut dia,PVMBG telah meningkatkan status Gunung Bromo dari siaga menjadi awas. Karena itu, Syafi’i meminta agar warga tidak mendekati kawah gunung tersebut. “Warga dan wisatawan diimbau tidak mendekati kawah Gunung Bromo.Karena semburan asap dan abu vulkanik dapat membahayakan keselamatan,”tegasnya. Kabag Tata Usaha Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Suwarto menyebutkan, pada Selasa (23/11) pagi, terlihat adanya asap tebal putih keabu-abuan pekat.

“Asap tersebut mengarah ke barat daya dan menutup sebagian lautan pasir.Menyikapi kondisi ini, kami telah melakukan perluasan penutupan daerah pendakian dari sebelumnya radius 1 km dari puncak menjadi 3 km,”paparnya. Radius 3 km batas maksimal kunjungan yang ditetapkan Balai Besar TNBTS ini meliputi wilayah Kabupaten Pasuruan di kawasan Simpang Singklek dan Penanjakan, wilayah Kabupaten Probolinggo di kawasan Cemoro Lawang, dan wilayah Kabupaten Lumajang di kawasan Bantengan.“Pada sore hari sekitar pukul 16.00 WIB dilaporkan statusnya kembali meningkat menjadi awas dan secara visual terlihat adanya semburan abu vulkanik disertai percikan berwarna merah seperti api,” ungkapnya.

Dia belum bisa memastikan sampai kapan penutupan kawasan wisata ini karena masih menunggu pantauan dari PVMBG.Untuk penduduk di sekitar Gunung Bromo,Suwarto mengaku belum ada imbauan untuk mengungsi karena puncak gunung memang lokasinya sangat jauh dari permukiman penduduk. Pengamat vulkanologi Gunung Bromo Ahmad Subkhan mengatakan, gempa vulkanik sudah mengalami peningkatan sejak 8 November 2010.

Peningkatan gempa ini terjadi dalam bentuk gempa vulkanik dalam serta gempa vulkanik dangkal dan kondisinya terus mengalami peningkatan secara fluktuatif setiap harinya. (arie yoenianto/yuswantoro)



sumber:http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/366045/





Kraksaan online memberikan hak bagi warga kraksaan dan sekitarnya untuk ikut berpartisipasi dalam membagi berita dan foto yang terjadi di sekitar kota kraksaan seperti daerah patokan , semampir , Kandangjati kulon, sidomukti dan kraksaan wetan dan juga tidak menutup kemungkinan daerah daerah se-kabupaten probolinggo mari bersama memajukan kota kraksaan dan kabupaten probolinggo bersama sama kirimkan berita dan foto anda ke e-mail kraxsan.online@gmail.com trima kasih
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Blogger Widgets

    • Disnakertrans Kabupaten Probolinggo akan melaksanakan Kegiatan Pelatihan Ketrampilan Service Sepeda Motor dan Teknik Las yang rencananya akan dilaksanakan pada tgl 21 April 2014. Silahkan mendaftar ke Kantor Disnakertrans atau ke BLK Kraksaan. Tempat terbatas untuk @20 orang per kelas.


    • Lomba Perpustakaan Sekolah dan Desa Terbaik, 7 s/d 14 Maret 2014.





Mau dapat info loker tiap hari sabtu via sms ???
kirim aja ke 085258785748
NB . tidak melayani konsultasi dan tanya jawab


Atau via

E-mail
BERLANGGANAN GRATIS Klik Disini Info Rumah Makan

Bila Anda ingin berlanggan berita dan info loker via email silakan masukkan email Anda pada kolom di bawah ini:

Delivered by FeedBurner




BB MESEGGER
256f8dc1







For Order and Information :
Juniadi
Phone : 08121711609 - 08983766399
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Portal Probolinggo Kraksaan - All Rights Reserved
Original Design by Maskolis.com Modified by aryo@kraksaan-online[dot]com | kraxan cyber